11/10/12

Paket Blackberry Unlimited vs Paket Blackberry Full Service

Kembali lagi saya menggunakan Blackberry (BB), dimana setahun yang lalu, BB saya rusak tiba-tiba. Tidak bisa dihidupkan. Karena malas mengurusnya, BB saya nganggur beberapa bulan. Saat liburan semester IV, iseng aja ada waktu ke tempat servicenya. Kebetulan garansi BB saya itu Comtech. Nunggu 1.5 bulan, dan akhirnya diganti dengan BB baru dengan tipe sama, Blackberry Curve 3G 9300. Antara senang dan tidak. Senangnya dapat yang baru, tidaknya semua kontak dari PIN BB, No telp teman-teman hilang semua. :'(

Sebelum BB saya kembali, saya menggunakan Android Samsung Galaxy Tab 2 7.0. Operator yang saya gunakan sih ada 2, XL dan Axis. Dari dulu saya senang banget pakai Axis, gratisan SMSnya banyak kalau sesama operator, teleponnya juga murah. Internetan di Android juga paketnya murah. Jadi saya banyak menghasut teman-teman pakai Axis juga sih. Hehehehe..




Tapi setelah saya pakai BB lagi, otomatis saya beli nomer Axis lagi buat di Android. Sehingga saya punya 3 nomer. Musti bilang WOW nih !! Hehehe.. Lanjut deh ya. Awalnya saya pakai Paket BB Friends Bulanan. Bayarnya Rp. 60.000,-/bulan. Yang katanya bisa Social Networking dan BBM saja. Saya berpikir, ini paket yang sesuai dengan saya, saya gak butuh Full Service di BB, soalnya udah ada Android. Setelah 2 minggu berjalan, saya menyadari bahwa pulsa saya terus terpotong. Hingga saya menyadari saya membeli pulsa di teman kampus pada tanggal 5 November 2012, sudahh habis pada tanggal 7 November 2012. Ini kenapa bisa habis tiba-tiba?

Setelah saya usut dan melaporkannya ke Customer Service Axis, dapat balasan jika saya menggunakan aplikasi yang bukan vendornya RIM (Research In Motion). Loh, katanya bisa Social Media, saya cuma pakai Twitter, Facebook, dan BBM. Setelah dipikir-pikir, saya salah persepsi, kayanya ini aplikasi Twitter (UberSocial) bukan vendornya RIM. Seperti inilah balasannya :
"Bapak/Ibu Komang Soniya,
Terima kasih tetap berkenan untuk menggunakan produk AXIS dalam menunjang aktivitas komunikasi.
Menanggapi keluhan yang disampaikan melalui website kami, saya Lerry akan membantu Bapak/Ibu. Mengenai keluhan untuk permasalahan terpotong pulsa dinomor AXIS 083114270065, kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanannya. Hasil pengecekan nomor yang digunakan untuk penggunaan pulsa sudah sesuai. Pemotongan pulsa yang terjadi saat paket BIS masih aktif bisa disebabkan oleh :

Penggunaan layanan yang tidak termasuk paket seperti menggunakan Blackberry sebagai modem dan melakukan streaming baik video atau audio.
Memiliki aplikasi pihak ketiga (dibuat oleh vendor selain RIM) yang bisa terkoneksi internet

Berikut panduan pengaturan APN Blackberry :
Sistem operasi versi 5 :
Homescreen - option - advanced option - browser - default browser-nya adalah Internet Browser.
Homescreen - option - advanced option - TCP/IP - APN setting enable (diberi centang) - APN authentication enable (jangan dicentang) – APN : blackberry.net – username :dikosongkan – password : dikosongkan.
Homescreen - browser - tekan menu - option - browser configuration - browser - pilih internet browser (apabila pilih AXISWORLD akan memotong pulsa Rp.2/kb).
Homescreen - browser - tekan menu - option - general properties - default browser = Internet Browser - switching to WAP for streaming media tidak dicentang.
Sistem operasi versi 6 dan 7
Homescreen - option – device – advanced system setting – APN
APN setting enabled dicentang, kemudian pilihan APN : blackberry.net
APN authentication enabled tidak dicentang, username dan password dikosongkan.

Cara pengecekan aplikasi pihak ketiga :
Blackberry OS 5 :
Masuk ke menu option – application dan pilih menu third party di bagian kanan atas.
Aplikasi yang tertera nama pembuatnya bukan RIM, silakan dihapus atau pengaturan internetnya menggunakan BIS.
Blackberry OS 6 :
1. Menu option – device – application management
2. Aplikasi yang tertera nama pembuatnya bukan RIM, silakan dihapus atau pengaturan internetnya disesuaikan menggunakan BIS.

Contoh aplikasi yang bisa memotong pulsa :
1. Aplikasi yang memiliki pengaturan BIS (Blackberry Internet Service), bisa dilakukan pengecekan pada menu option, setting, connection setting atau about dari dalam aplikasi tersebut.
(Uber Social, Bloomberg, Fancy Trans/aplikasi kamus, AP News, Kompas.com, Business Week Mobile, Daily Horoscope, Nimbuzz, IMplus dan Goal.com )
2. Aplikasi yang tidak memiliki pengaturan BIS (Blackberry Internet Service), jalurnya langsung auto network.
(Dictionary.com, Foursquare, Weather Eye, Google Map, Ebuddy, Opera mini, BeejiveIM, Tunewiki, detik.com, Player for youtube, Domikado, Snaptu, Viigo, Whatsapp dan Quick Pull versi 5.0 )

Jika tidak mengaktifkan layanan BIS kami sarankan untuk melakukan pengecekan ke menu Manage Connection-Mobile Network Option- pilihan di menu Data Service dan While Roaming dipilih OFF.

Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga bisa membantu Bapak/Ibu Komang Soniya."

Nah, kesimpulan yang saya dapatkan, bahwa sebenarnya menggunakan UberSocial sudah termasuk pada paket BB Friends yang saya gunakan. Tapi kok kena biaya juga? Yah saya ngalah aja deh sama CS Axis. Saya ganti Paket BB Friends menjadi Paket BB Unlimited.

Setelah pakai Paket BB Unlimited, saya instal Foursquare. Eh kepotong lagi pulsanya, saya telpon aja CS nya lagi. Disuruh hapus aja yang bukan Vendor RIM. Finally saya hapus deh Foursquare di BB saya, jugaan saya pakai Android. Tapi kesabaran saya habis lagi. Eh kepotong lagi hari ini. Bagaimana ini ya?

Sampai saya tanya nih sama CS Axis via twitter, kesimpulannya BB Unlimited ini bukan Full Service kan? Dan pihak operator pun hanya menjawab : " Penggunaan Streaming vidio dan aplikasi pihak ke 3 bukan vendor dr RIM sehingga utk aksesnya dikenakan Rp 2/Kb TQ~Ahad"

Jujur, saya jadi bingung, ini ada apa gak ya Axis BB Full Service? Saya gak ada niat buat menjatuhkan pihak operator manapun. Terutama Axis, saya suka pakai Axis karena biayanya sangat murah terutama SMS dan Nelpon. Tapi saya merasa tidak puas dengan pelayanan Paket BB. Saya sampai pusing 3 hari ini ngecek pulsa melulu apakah terus dipotong pulsanya atau tidak. Saya sudah melakukan banyak upaya, dari UberSocial tak ganti menjadi Twitter For Blackberry (Vendor RIM). Tetapi Aplikasi Whatsapp masih ada. Whatsapp vendornya bukan RIM, tetapi WhatsApp Inc.

Berikut daftar aplikasi yang terdapat di BB saya :
  • BlackBerry Messenger : Vendor Research In Motion
  • Facebook For Blackberry : Vendor Research In Motion
  • Twitter For Blackberry : Vendor Research In Motion
  • WhatsApp Messenger : Vendor WhatsApp Inc
Apakah dengan ini pulsa saya akan terpotong lagi? Jika iya, kemungkinan karena Aplikasi Whatsapp. Jika hal itu terjadi, saya akan menghapus WhatsApp dan mengecek lagi apakah pulsa akan terpotong lagi. Sampai terpotong lagi? Waduhh kesimpulannya emang ini paket yang aneh ya :) Maka dari itu, jika ada teman-teman yang bisa bantu masalah saya, kasi solusinya ya. Dan saya sebenarnya ingin tahu, beda apa gak sih antara BB Unlimited dengan BB Full Service? Kesimpulan yang saya dapatkan sih BB Unlimited Axis bukanlah BB Full Service. Untuk kisah selanjutnya, tunggu beberapa hari lagi. :D

0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com