5/13/13

Perbedaan Resume dengan Review

          Kenapa aku mengangkat topik ini? Karena ada tugas membuat resume dan review dari sebuah jurnal. Tapi banyak teman-teman bingung, apa ya perbedaan Resume dengan Review Jurnal?
          Berdasarkan info yang aku dapat dari google, terdapat perbedaan dari 2 hal tersebut :
  1. Resume. Berasal dari kata re (kembali), sume dari bahasa inggris summary yang artinya ikhtisar atau ringkasan. Maka resume dapat diartikan meringkas kembali sekumpulan hasil/tulisan kajian terkini terhadap suatu masalah (jurnal) dengan mencatat kembali poin-poin penting dari jurnal yang terkait.
  2. Review. Me-review dapat diartikan mengkaji atau membuat kajian dari suatu jurnal. Me-review bukan meringkas tetapi memahami, mengolah referensi , membandingkan dan memberikan pendapat pribadi berdasarkan referensi ilmiah kemudian menyimpulkan/memberi pendapat pribadi. Dalam membuat review atau mengkaji  suatu jurnal perlu ditetapkan latar belakang, maksud dan tujuan serta ruang lingkup agar efektif dan tidak terlalu meluas.
         Yah segitu aja yang bisa aku dapat, menurutku penjelasan diatas sudah jelas karena poin dari pencarian google. Jadi, resume merupakan mengambil poin utama dari sebuah jurnal dan kata-katanya bukan dari bahasa kita. Sedangkan Review adalah memahami dan memberikan kesimpulan pendapat dengan bahasa kita sendiri. Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)

4 comments:

  1. maaf ni kalo review pake footnote ga bu?

    ReplyDelete
  2. maaf sblumnya ana masih agak bingung,.. apsih beda resume dengan ringkasan ...?
    tlong pnjlsannya, maksih

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com