5/23/13

Stack Dalam Struktur Data

          Bagi yang mengikuti matakuliah Algoritma dan Struktur Data maupun Praktikum Algoritma dan Struktur Data. Pada mata kuliah tersebut, pasti menemukan materi seperti Stack, Queue, Single Linked List, Double Linked List, dan lain-lain. Tapi disini aku mau bahas dulu apa itu Stack dan Queue.
           Stack adalah suatu urutan elemen yang elemennya dapat diambil dan ditambah hanya pada posisi akhir (top) saja. Contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah tumpukan piring di sebuah restoran yang tumpukannya dapat ditambah pada bagian paling atas dan jika mengambilnya pun dari bagian paling atas pula. Lihat gambar 1.




             Ada 2 operasi paling dasar dari stack yang dapat dilakukan, yaitu :
1. Operasi push yaitu operasi menambahkan elemen pada urutan terakhir (paling atas).
2. Operasi pop yaitu operasi mengambil sebuah elemen data pada urutan terakhir dan menghapus elemen tersebut dari stack.
         Sebagai contoh, misalkah ada data sebagai berikut : 1 3 5 6, maka data tersebut dapat tersimpan dalam bentuk sebagai berikut :

         Contoh lain adalah ada sekumpulan perintah stack yaitu push(5), push(7), pop, push(3), pop. Jika dijalankan, maka yang akan terjadi adalah :


           Selain operasi dasar stack (push dan stack), ada lagi operasi lain yang dapat terjadi dalam stack yaitu:
1. Proses deklarasi yaitu proses pendeklarasian stack.
2. Proses isempty yaitu proses pemeriksaan apakah stack dalam keadaan kosong.
3. Proses isfull yaitu proses pemeriksaan apakah stack telah penuh.
4. Proses inisialisasi yaitu proses pembuatan stack kosong, biasanya dengan pemberian nilai untuk top.

            Operasi-operasi stack secara lengkap adalah sebagai berikut :
1. Pendeklarasian stack
Proses pendeklarasian stack adalah proses pembuatan struktur stack dalam memori. Karena stack dapat direpresentasikan dalam 2 cara, maka pendeklarasian stack pun ada 2 yaitu :
a. Pendeklarasian stack yang menggunakan array. Suatu stack memiliki beberapa bagian yaitu

  • top yang menunjuk posisi data terakhir (top)
  • elemen yang berisi data yang ada dalam stack. Bagian ini lah yang berbentuk array.
  • maks_elemen yaitu variable yang menunjuk maksimal banyaknya elemen dalam stack.

Dalam bahasa C, pendeklarasiannya adalah :


b. Pendeklarasian stack yang menggunakan single linked list
Adapun stack yang menggunakan single linked list, hanya memerlukan suatu pointer yang menunjuk ke data terakhir (perhatikan proses di halaman sebelumnya). Setiap elemen linked list mempunyai 2 field yaitu elemen datanya dan pointer bawah yang menunjuk posisi terakhir sebelum proses push.
Pendeklarasian dalam bahasa C adalah :

2. Inisialisasi
Inisialisasi stack adalah proses pembuatan suatu stack kosong. Adapun langkah-langkah proses tersebut berdasarkan jenis penyimpanannya adalah :

a. Inisialisasi stack yang menggunakan array.
Proses inisialisasi untuk stack yang menggunakan array adalah dengan mengisi nilai field top dengan 0 (nol) jika elemen pertama diawali dengan nomor 1. Kalau elemen pertama array dimulai dengan 0 (contoh bahasa C), maka top diisi dengan nilai -1. Implementasinya dalam bahasa C adalah :
b. Inisialisasi stack yang menggunakan single linked list
Proses inisialisasi untuk stack yang menggunakan single linked list adalah dengan mengisi nilai pointer stack dengan NULL. Implementasi dalam bahasa C adalah :
3. Operasi IsEmpty
Operasi ini digunakan untuk memeriksa apakah stack dalam keadaan kosong. Operasi ini penting dilakukan dalam proses pop. Ketika suatu stack dalam keadaan kosong, maka proses pop tidak bisa dilakukan. Adapun langkah-langkah operasi ini adalah :

a. Operasi IsEmpty pada stack yang menggunakan array.
Operasi ini dilakukan hanya dengan memeriksa field top. Jika top bernilai 0 (untuk elemen yang dimulai dengan index 1) atau top bernilai -1 (untuk elemen yang dimulai dengan index 0), maka berarti stack dalam keadaan empty (kosong) yang akan me-return-kan true (1) dan jika tidak berarti stack mempunyai isi dan me-return-kan nilai false (0)
Implementasi dalam bahasa C adalah :
int isempty(tstack stack)
{
if (stack.top==-1)
return 1;
else
return 0;
}

Cara penggunaannya adalah :
//Penggunaan isempty dalam statement if
if( isempty(stack) ) ...

b. Operasi IsEmpty pada stack yang menggunakan single linked list.
Operasi IsEmpty pada stack yang menggunakan single linked list adalah dengan memeriksa apakah pointer stack bernilai NULL. Jika stack bernilai NULL maka menandakan stack sedang keadaan empty (kosong) dan akan me-return-kan nilai 1 dan jika tidak NULL maka menandakan stack mempunyai isi (tidak kosong) sehingga operasi tersebut akan me-return-kan nilai false (0).
Implementasinya dalam bahasa C adalah :
int isempty(PStack stack)
{
if (stack==NULL)
return 1;
else
return 0;
}
Cara penggunaannya adalah
//Penggunaan isempty dalam statement if
if( isempty(stack) ) ... 
          Segitu dulu ya yang bisa aku kasi infonya. Semoga bisa bermanfaat ya bagi kita semua. Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)

Sumber :

  • http://nafnafi.files.wordpress.com/2010/10/stack2.pdf








2 comments:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com