7/6/14

Aplikasi Flight Radar 24 Free

    Hai hai hai ^^ Aku kembali menulis lagi. Ingin menulis tentang aplikasi Flight Radar 24 ini adalah berawal dari mengingat misteri penerbangan Malaysia Airlines MH370 yang hilang kontak dan terbang tidak sesuai dengan rute yang seharusnya. MH370 hendak berangkat dari Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju Bandara Internasional Beijing. Misteri itu sebenarnya belom terkuak sampai sekarang dengan tuntas, dikarenakan belum ditemukannya kotak hitam dari MH370. Turut berduka dan semoga cepat ditemukan kotak hitamnya, agar cepat diketahui secara pasti apa penyebab terjadinya misteri MH370 ini. MH370 dinyatakan hilang dari pantauan radar pada tanggal 8 Maret 2014. Kejadian ini memiliki dampak yang lumayan besar, termasuk kepada keluargaku. Sungguh kaget dengan kejadian MH370. Karena 1 bulan dari kejadian itu, aku sekeluarga akan ke Singapore. Ketakutan terus menghantui. Tapi solusinya hanyalah bisa berdoa saja. Yang paling takut terasa adalah ketika sudah berada di pesawat dan sedang diatas perairan. Kadang-kadang seketika teringat kasus MH370 itu. Tapi lagi-lagi
yang bisa dilakukan saat itu adalah hanya berdoa agar selamat mendarat di Bandara Internasional Changi, Singapore. Tapi lucunya malah ketiduran. Hehehee, bangun-bangun ternyata sudah mau mendarat. ^^
     Karena hal itulah, aku iseng-iseng aja nyari siapa tau ada aplikasi yang dapat memantau penerbangan. Dalam artian dapat mengetahui posisi suatu penerbangan. Yaitu aplikasi Flight Radar 24 Free yang bisa di download pada handphone Android. Setelah di download, langsung aja buka aplikasinya. Contohnya aku cari Pulau Bali. Akan terlihat pesawat apa saja yang melintas, berangkat dan mendarat di Bali. Untuk mengetahui informasinya dapat langsung di pilih gambar pesawatnya.
     Untuk melihat informasi lebih lengkap tentang penerbangan Garuda Indonesia GA881, dapat langsung diketik di google dan akan langsung keluar informasinya.
     Dan yang ini adalah penerbangan yang ada di dunia. Wow banyak banget ya ternayata. Hehe.. enggak nyangka. ATC pasti sibuk nih :)
     Bagi yang enggak punya android, bisa dibuka melalui komputer. Akses saja link www.flightradar24.com. Lalu cari wilayahnya. maka akan tampil seperti ini :
     Lalu pilihlah salah satu lambang pesawat itu. Maka di sebelah kiri akan terlihat detail dari penerbangan tersebut. Contohnya, yang aku pilih adalah penerbangan SIA 368, yaitu penerbangan yang dilakukan oleh Singapore Airlines yang berangkat dari Singapore (SIN) menuju Milan (MXP). STD atau Scheduled Time of Departure adalah waktu keberangkatan yang dijadwalkan untuk penerbangan SQ368 / SIA368. ATD atau Actual Time of Departure adalah waktu nyata keberangkatan. Artinya ATD adalah waktu keberangkatan pada kenyataannya, bisa saja berbeda dengan STD dengan faktor cuaca tempat tujuan ataupun ramainya lalu lintas udara. Seperti SQ368, STD menunjukkan 02.05 sedangkan ATD menunjukkan 02.19, itu menunjukkan bahwa penerbangan SQ368 mengalami penundaan atau delay selama 14 menit. STA atau Scheduled Time of Arrival adalah waktu mendarat atau kedatangan yang dijadwalkan. ETA atau Estimated Time of Arrival adalah perkiraan waktu kedatangan atau medarat. ETA juga dipengaruhi oleh ATD. Detail tentang pesawar dan ketinggian juga diberikan disini.

     Cara lainnya adalah memasukkan kode penerbangan di kolom search yang ada di pojok kiri atas. Misalkan kode penerbangannya adalah JL38. Ketikkan kode JL38 pada kolom search tersebut. Disaat mengetikkan kode, maka sistem akan menampilkan pilihan penerbangan yang sesuai dengan yang diketikkan. Jika yang muncul adalah sama sesuai keinginan, maka pilihlah kode penerbangan tersebut.
     Lalu akan muncul lagi daftar penerbangan dengan kode tersebut. Pilihlah yang baris berwarna hijau. Maka akan muncul seperti ini :
    Maka muncullah detail penerbangan tersebut. Penerbangan JL38 adalah penerbangan yang berasal dari Singapore (SIN) menuju Haneda (HND), Tokyo menggunakan Japan Airlines.


Yup, semoga artikel ini bermanfaat ya ^^

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com