7/1/13

Hidup Dengan Skoliosis... (Part II)

     Akhirnya aku menyempatkan diri dan memang baru kepingin lagi untuk mengingat masa-masa kelam dan benar-benar trauma tentang skoliosis. Apalagi tanggal 29 Juni 2013 merupakan International Scoliosis Awareness Day. Wah aku searching di twitter tentang skoliosis, banyak banget tweet yang menyangkut skoliosis. Dari situlah aku banyak kenal dengan sesama penderita skoliosis. Jadi banyak kenal, banyak juga dapat pengetahuan tentang pengalaman mereka mengenai skoliosis. Sebenarnya hal ini juga sih yang menggerakkan kemampuanku untuk kembali ke dokter lagi. Jujur, ingin mengetahui berapa derajat kemiringanku. Tapi di sisi lain, ngeri juga kalau tahu. Takut masa ketakutan dan depresi datang menghampiri lagi. Jadi aku memutuskan untuk mengumpulkan keberanian lagi biar tidak "syok" lagi. Hehehehe, kebetulan juga bulan ini aku lagi KKN (Kuliah Kerja Nyata). Jadi konsen KKN dulu deh. Lanjut ya sama cerita skoliosisnya :D. Kisahku ini berlanjut dari Hidup Dengan Skoliosis... (Part I). Baca itu dulu baru nyambung nanti baca cerita selanjutnya disini. Hehehe..
     Kisahnya sekarang aku semester II. Lagi jamannya banyak matakuliah yang praktikum. Otomatis kan bakalan banyak waktu didepan laptop. Otomatis lah aku cepat merasa lelah. Yang pasti harus senderan di meja ataupun di tembok. Belom lagi susahnya minta ampun ngertiin materi dan mengconvertnya ke program. Hal itu terus berlanjut, terutama rasa nyeri pada tulang. Kadang untuk dapat menghilangkan rasa nyeri itu, aku biasanya menggunakan koyo. Saat itu, aku memang memiliki pacar, sebut saja namanya Arsa (bukan nama asli). Saat itu kalau tidak salah aku dan Arsa sedang malam minggu. Nonton film di Galeri 21. Lupa nama judul filmnya apa. Saat menonton itu, tulangku mendadak terasa nyeri. Tahukah apa yang direspon oleh Arsa? Arsa mengatakan "Kamu jangan ngeluh tulangmu sakit terus-terusan ! Apa men yang bisa tak lakuin? Gak ada kan?". Arsa langsung melanjutkan menonton film yang sedang berlangsung itu.

     Blog ini migrasi ke website baru ya guyys, jadi selanjutnya silahkan kunjungi www.niiapanpan.com atau http://www.niiapanpan.com/scoliosis-stories/hidup-dengan-skoliosis-part-2/ untuk langsung membaca lanjutan dari artikel ini. Terima kasih :)

19 comments:

  1. keren kak.. aku juga penderita skoliosis.. dlunya gk klhtn.. tapi stlh 13 tahun baru terdeteksi... dan sekarang juga masih syok kalau ada orang yang cerita soal skoliosis-nya...

    ReplyDelete
  2. hehehehe...
    aku juga sampai sekarang masih trauma banget untuk tahu berapa derajatku..
    kamu harus kuat ya ^^

    ReplyDelete
  3. cerita kamu semuanya persis kayak aku . .takut untuk rogten , ,kamu masih 3 th meninggalkan dokter . aku 6 thun:(

    ReplyDelete
  4. wah..
    terus selama 6 tahun sampai sekarang, ada keluhan apa aja dengan skoliosismu?
    hmm, semangat ya :)
    aku juga sedang mengumpulkan mental untuk rongten lagi :D

    ReplyDelete
  5. halo :) aku jg skolioser.. ceritamu ini aku juga alami.. aku jg takut bgt kalo kedokter dan harus operasi.. aku pny brace, tp ak gmw pake lagi.. soalnya sakiiiiiiiiiiiitttt dan gk nyaman bgt.. :(

    ReplyDelete
  6. halo juga ^^
    salam skolioser ya !!!
    aku juga masih takut ni, mungkin awal tahun 2014 baru mau tahu derajat, soalnya sudah agak sering mengeluh sakit tulang nih..
    udah lama pakai brace?
    bagi2 pengalaman tentang brace dong..
    :)

    ReplyDelete
  7. heiii, kita seumuran loo.
    aku juga skolisoser, bedanya aku ngebet banget pengen rontgen malah mama ku yg gak berani. 3 tahun yg lalu periksa derajat ku 35, ke dokternya baru setaun kemudian -__-
    setelah itu, keluarga gk pernah tanya ttg keadaan tulang ku. sedih gini ini kalo gk ada yg ndukung. dan kayaknya derajat ku nambah lagi deh

    ReplyDelete
  8. hye salam perkenalan dari Malaysia, aku juga punya sakit scoliosis, welcome to my blog ya : http://rai-raihannah.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. @Anonim : yang sabar ya :) aku aja mau di rongten aku yg minta, bukan keluargaku :D
    @Anne : salam kenal juga ^^ salam skolioser !! :D

    ReplyDelete
  10. salam kenal ya aku juga skolioser...

    ReplyDelete
  11. salam kenal, salam skolioser ^^

    ReplyDelete
  12. Hai, nama saya cori, saya juga penderita skoliosis. skoliosis yang saya alami mulai kelihatan pada saat saya berumur 12 tahun. Skoliosis ini sangat menyiksa saya, apalahi ketika saya menstrusai, nyeri pada tulang dan pinggang itu sangat menyiksa. Ketika saya lelah, terasa sesak dan sulit bernafas. Saya saat ini memutuskan untuk operasi, namu saya masih takut akan efek dari operasi tsb, yaitu kelumpuhan pada kaki kiri atau kaki kanan saya ;-(. Demikian cerita saya, salam bagi teman-teman yang mengalami hal yang salam.

    ReplyDelete
  13. Hi Cori, salam skolioser ya ^^. Berapa derajat? Setahuku jalan operasi merupakan jalan terakhir yang diambil, kata dokter yang pernah mengatakan itu ke aku. Aku juga ngerasain hal yang sama, saat menstruasi, tulang punggung nyerinya minta ampun T.T

    ReplyDelete
  14. hy smuaa, slam knal, aku jg penderita scoliosis, bhkan derajat kemiringanku sudah 45 derajat. tp bedanya aku tdk pnya keluhan yg berarti wlopun sesekali merasa nyeri/pegal, yg menjadi keluhan terberat bgiku itu adalah rasa percaya diri trhadap bentuk fisik punggungku itu yg mmbengkok. bbrpa bulan belakangan sya ke tmpat fisioterapi dan sya rutin terapi seminggu skali. tp smpai saat ini blm ada prubahan yg signifikan, dan situlah kadang terfikir untuk operasi sja, namun masih takut n mikir2. dan dari dulu sya pngen bgt bisa bertukar fikiran/berkomunikasi/bertukar pngalaman sama sesama scolioser, khususnya penderita scoliosis yg cwok. klo ada blh invite bbm sya di 759ba8da. thanks..

    ReplyDelete
  15. @Yusa : salam skolioser ya :) wah syukur banget kalau udah 45 derajat itu gak ada keluhan sakit. Tapi untuk masalah operasi ad baiknya konsultasikan ke dokter ya :)

    ReplyDelete
  16. Salam kenal yaa, aku juga skolioser. Oia, aku mau tanya, apa iya seorang skoliosis tidak dianjurkan olahraga lari?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  17. Haii.. ak juga penderita skoliosis.. ak baru tau waktu aku berumur 21.. sebenarny udah lama taunya.. tapi sengaja gak aku periksa.. takut kepikiran.. haha dan sekarang tulang ku suka sakit2an jadi terpaksa lah aku periksa ke dokter.. alhasil tulang aku ya bengkok.. kata dokter ak mengidap penyakit skoliosis.. karna ak dulu sekolahnya anak ipa.. jadi setidaknya aku tau apa itu skoliosis.. sekarang ak semester 8.. dan kadang2 tulang ini nyakitin.. apalagi aku kuliahnya jauh dari orang tua.. nasib lah.. mau di gimanain lagi.. Allah udah kasi kita penyakit ini.. ya harus d terima aja.. d syukuri.. mudah2an penyakit yg Allah kasi ke kita ini bisa menggugurkan dosa2 kita.. Aamiin..

    ReplyDelete
  18. Salam kenal, saya juga penderita skoliosis. Saya baru tau pas umur 22tahun. Saya sering ngalamin sakit punggung kalo duduk lama. Apalagi waktu jaman kuliah itu PP pake motor, dengan durasi sekitar 2jam. Kebetulan sekarang saya udah kerja di bagian keuangan, dimana saya harus duduk depan komputer dari jam 7 pagi sampe sore. Orang-orang bilang juga kalo saya duduk tuh miring ke kanan, bahu agak naik sebelah. Akhirnya bulan Oktober 2015 kmrn saya coba periksa langsung ke dokter orthopaedi, feeling saya bener, saya skoliosis dengan kemiringan 45 derajat. Dokternya kebetulan baaaiiikkk bgt, ngejelasinnya enak , baik-baik meskipun sayanya udah ngawang-ngawang kesana sini dengan mata berkaca-kaca. Dokternya nyaranin saya untuk sering renang, selalu pake brace, sering peregangan setiap dua jam sekali dan harus punya obat penahan rasa sakit kalo sakit punggungnya kambuh(obatnya agak keras soalnya kena ke pencernaan saya jd maag). Begitu tau saya skoliosis, kerjaan saya cuma nangis tiap malem, ya ngerasain sakit, terus ngerasa kayak lemah aja gitu, semua kepikiran... gimana kalo orang-orang tau, gimana kalo saya dikeluarin dari tempat kerja saya kl tau keadaan saya, gimana kalo saya menikah dan hamil.. ada mungkin sekitar 1 bulan galau, tp alhamdulillah.. berkat support orangtua, temen-temen, pacar dan krn baca2 google juga jd bikin ngerasa gak sendirian ngerasain ini. Jadi semangat untuk renang tiap weekend, pake bracenya tanpa mikirin orang bakal nanya ini kenapa, ini apa kenapa aneh, dsb.
    yang saya yakini, Tuhan ngasih ini semua diimbangi dengan kelebihan yang kita punya. Jd saya lebih milih untuk ngasah kelebihan yang udah Tuhan kasih dan ga stuck sama skoliosisnya. Yakin bahwa Tuhan udah menggariskan hal hal baik untuk kita kedepannya selama kita nya mau berusaha dan terus berdoa.
    Buat temen-temen skolioser, semangat terus dan jangan lupa untuk terapi. :)

    ReplyDelete
  19. Aku juga kena skoliosis kak. Seneng rasanya ada yang sama seperti aku. Umurku 15 tahun. Dan sekitar 1 bulan lalu aku rontgen k dokter.seingatku aku ngerasa aneh sama tulang belakang aku ini kelas 5 sd. Sebelum aku baca blog kakak, kadang aku suka kepikiran gini 'kenapa Allah kasi cobaan seberat ini ke aku?'. Tapi aku tetep berdoa dan terus berdoa agar Allah nyembuhin skoliosis aku. Aku juga udh nyoba yoga sendiri d rmh. Kadang kalo aku udh ga tahan lagi, aku nangis diam-diam, aku ngerasa bodoh banget ngak meriksa dari dulu.

    Buat para skolioser lain, semangat terus ya..... kalian ngak sendirian kok, aku percaya kalo Allah ngasi cobaan seperti ini ke kita itu karena Allah sayang sama kita dan Allah tau kita kuat untuk ngejalaninnya.

    Fighting!

    ReplyDelete

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com