3/16/14

Penyakit Bells Palsy

     Bell's palsy adalah kelumpuhan saraf kranial VII (saraf wajah) mengakibatkan ketidakmampuan untuk mengontrol otot-otot yang wajah di sisi yang terpengaruh. Beberapa kondisi dapat menyebabkan kelumpuhan wajah, misalnya, tumor otak, stroke dan penyakit Lyme. Namun, jika tidak ada alasan khusus yang dapat diidentifikasi, kondisi ini dikenal sebagai Bell's palsy. Diberi nama setelah Charles Bell, yang pertama kali menggambarkannya, ahli anatomi berkebangsaan Skotlandia Bell's palsy mononeuropathy akut yang paling umum (penyakit yang melibatkan hanya satu saraf) dan paling umum yang menyebabkan kelumpuhan saraf wajah akut.
     Bell's palsy didefinisikan sebagai idiopatik sepihak facial nerve kelumpuhan, biasanya membatasi diri. Merek dagang adalah cepat munculnya sebagian atau sepenuhnya lumpuh, biasanya dalam satu hari. Diperkirakan bahwa kondisi peradangan menyebabkan pembengkakan saraf wajah. Saraf perjalanan melalui tengkorak di kanal sempit tulang di bawah telinga. Saraf pembengkakan dan kompresi di kanal sempit tulang dianggap menyebabkan saraf inhibisi, kerusakan atau kematian. Penyebab tidak mudah diidentifikasi Bell's palsy telah ditemukan.
     Dokter dapat meresepkan obat-obatan anti-inflamasi dan anti-virus. Awal perawatan diperlukan untuk terapi obat untuk memiliki efek. Efek pengobatan masih kontroversial. Kebanyakan orang pulih secara spontan dan mencapai dekat normal untuk fungsi normal. Banyak menunjukkan tanda-tanda perbaikan sedini 10 hari setelah awal, bahkan tanpa pengobatan. Sering mata di sisi yang terkena dampak tidak dapat ditutup. Mata harus dilindungi dari mengering, atau kornea mungkin secara permanen rusak mengakibatkan gangguan penglihatan. Dalam beberapa kasus denture pemakai mengalami beberapa ketidaknyamanan.

Gejala Bells Palsy
  1. mata menjadi kering.
  2. telinga bergemuruh.
  3. susah mengangkat alis.
  4. kelopak mata tidak bisa ditutup.
  5. bola mata memutar ke atas dan pada akhirnya kelumpuhan diseparuh wajah.

Penyebab Bells Palsy
     Hingga kini, penyebab penyakit Bell’s Palsy ini masih dalam penelitian. Beberapa literature menyebutkan penyakit ini disebabkan karena berbagai bentuk virus. Hal lain yang diduga kuat adalah factor genetic yaitu
riwayat keluarga yang pernah mengalami Bell’s Palsy. Dari beberapa penderita menunjukkan Bell’s Palsy erat hubungannya dengan suhu dan udara dingin.

Pemeriksaan Bells Palsy
1. Electromyography (EMG)
Pemeriksaan ini mengukur kegiatan listrik otot sewaktu merespon rangsangan yang dilakukan terhadapnya dan dapat menunjukkan seberapa banyak kerusakan saraf yang terjadi, serta dapat  memastikan separah mana penyakit tersebut. 
2. Imaging scans
Sebuah pemeriksaan  dengan  sinar rongen (X-ray), magnetic resonance imaging ( MRI ), atau computerized tomography (CT ) yang lebih dapat memastikan penyebab gangguan syaraf itu, bukan karena infeksi, tumor atau kerusakan tulang pada wajah.

Pengobatan Bells Palsy
     Beruntungnya, penyakit Bell’s Palsy ini bisa sembuh dengan sendirinya, setelah melalui masa akut selama 7 hari. Bila pada masa itu pasien mendapatkan terapi kortikosteroid, kemungkinan pasien akan total sembuh lebih cepat dan tanpa meninggalkan cacat. Seperti halnya penyakit stroke, pasien Bell’s Palsy juga disarankan ditangani dalam waktu 72 jam, karena hasil penelitian menunjukkan hasil klinis yang buruk bila ditangani setelah 72 jam. Penanganan terhadap penyakit ini juga harus berhati-hati, karena bila tidak, maka syaraf yang seharusnya mempunyai kemampuan memperbaiki diri, akan mengalami pertumbuhan syaraf yang salah. Selain itu, penanganan yang tidak tepat juga bisa menyebabkan kerakan sinkinesis. Untuk lebih jelasnya, silahkan ke dokter ahli syaraf dengan penjelasan yang di dapatkan lebih detail.

Orang Dengan Bells Palsy





Lakukan latihan di depan cermin, gerakan yang dilakukan  berupa :- Tersenyum
- Mencucurkan mulut kemudian  bersiul
- Mengatupkan bibir
- Mengerutkan hidung
- Mengerutkan dahi
- Menarik sudut mulut secara manual dengan telunjuk dan ibu jari
- Mengangkat alis secara manual dengan  keempat jari panjang (selain ibu jari)
- Menutup mata.

Sumber :
  • http://www.news-medical.net/health/What-is-Bells-Palsy-(Indonesian).aspx
  • http://www.news-medical.net/health/Bells-Palsy-Symptoms-(Indonesian).aspx
  • http://www.majalah.nurhidayahsolo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=829:bells-palsy-penyakit-disfungsi-syaraf-wajah-oleh-dr-sri-rejeki&catid=91:konsultasi-kesehatan&Itemid=219
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Bell's_palsy
  • http://www.konimex.com/post/healthy-lifestyle/keluarga-sehat/hati-hati-serangan-bells-palsy/
  • http://mediskus.com/penyakit/bells-plasy-wajah-lumpuh-sebelah.html
  • http://uniqpost.com/42546/bell-palsy-penyakit-langka-yang-membuat-penderitanya-tak-dapat-tersenyum/
  • https://caramenyembuhkanpenyakit20.wordpress.com/2014/02/14/penyembuhan-penyakit-bells-palsy/

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com