3/26/14

Video Kecelakaan Pesawat Di Dunia

    Dengan adanya kasus hilangnya Penerbangan Malaysia Airlines MH370, sampai hari ini belum juga ditemukan secara pasti, apakah benar MH370 mengakhiri penerbangannya di Samudra Hindia Selatan (sebelah Barat Daya Kota Perth, Australia) atau MH370 dibajak lalu di bawa ke Maldives? Hmm, banyak banget ya spekulasi yang beredar. Selama menunggu perkembangan MH370, iseng-iseng aja nih aku searching di youtube.com tentang kecelakaan pesawat. Yuk simak videonya di bawah ini.

Kecelakaan Pesawat Boeing 737-800NG Lion Air Penerbangan JT904 di Bandara Ngurah Rai :
     Lion Air Penerbangan 904 (JT 904, LNI 904) adalah sebuah penerbangan Lion Air yang berangkat dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat menuju Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Pesawat tersebut jatuh di perairan saat akan mendarat di Bandara Ngurah Rai pada pukul 15.10 WITA tanggal 13 April 2013 di sebelah barat Runway 09. Kecelakaan ini tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi sebanyak 45 orang mengalami luka-luka dan langsung dibawa ke beberapa rumah sakit di sekitar Bandara Ngurah Rai.
     Pilot Lion Air sempat menceritakan bahwa ia merasa pesawat seakan tertarik ke bawah oleh angin ketika ia sedang berusaha mengendalikan pesawat. Keterangan ini menimbulkan dugaan bahwa kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat adalah fenomena winshear, suatu perubahan kecepatan arah angin secara mendadak yang membuat pesawat anjlok dari ketinggian. Hal ini biasanya disebabkan oleh badai angin yang kencang. Pesawat sangat bergantung pada kecepatan dan arah angin agar dapat dikendalikan. Perubahan yang mendadak dalam kecepatan dan arah angin dapat menyebabkan pesawat kehilangan kontrol, terutama selama lepas landas dan mendarat - saat ketinggian pesawat sangat dekat dengan tanah, kekuatan mesin rendah dan sedikit ruang untuk bermanuver.
     Berdasarkan laporan dari BMKG seperti yang disampaikan oleh Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai, Alfazah, cuaca saat kejadian cerah berawan dengan jarak pandang 10 kilometer, sempat hujan rintik dan angin smooth, kecepatan 7 knott. Kondisi cuaca seperti itu terus berlangsung bahkan setelah Lion Air mengalami kecelakaan.


Kumpulan Kecelakaan Di Dunia :



Pesawat Kargo Boeing 747-400 Jatuh Setelah Lepas Landas di Bagram, Afghanistan :

Pesawat kargo Boeing 747-400 atas nama US Mobility Command yang jatuh tak lama setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Bagram, Afghanistan, adalah disebabkan oleh serangan Mujahidin, yang sebelumnya diklaim sebagai kecelakaan biasa. Mujahid mengatakan bahwa pesawat kargo itu adalah satu dari tiga pesawat musuh yang telah ditembak jatuh oleh Mujahidin sejak “Operasi Khalid bin Walid” dimulai pada 28 April 2013. “Jumlah pesawat dan helikopter AS (yang ditembak jatuh, red) meningkat menjadi tiga sejak Operasi Khalid bin Walid dimulai pada 28 April 2013. Dua helikopter dari tiga (pesawat) ditembak jatuh di provinsi Kapisa pada Selasa (30/4), sementara yang ketiga, adalah yang pertama ditembak jatuh, sebuah pesawat kargo besar berisi dengan muatan pasokan AS jatuh pada Senin (29/4), hari kedua dalam kampanye Jihad di dekat Pangkalan Udara Bagram di provinsi Parwan, utara Afghanistan,” kata Mujahid dalam situs resmi IIA, Shahamat. Sementara itu pihak penjajah ISAF dan otoritas boneka membantah bahwa jatuhnya Boeing 747-400 akibat serangan “militan,” mengatakan bahwa tidak ada aktivitas “militan” di sekitar Bagram saat insiden terjadi.


Penerbangan Garuda Indonesia GA-200 Jakarta-Yogyakarta 7 Maret 2007 :
     Garuda Indonesia Penerbangan GA-200 adalah sebuah penerbangan dari maskapai penerbangan Garuda Indonesia jurusan Jakarta-Yogyakarta, yang meledak ketika terperosok saat melakukan pendaratan pada tanggal 7 Maret 2007 pukul 06:55 WIB di Bandar Udara Adi Sutjipto Yogyakarta setelah lepas landas dari Bandar Udara Soekarno-Hatta Cengkareng, Jakarta pukul 06:00 WIB. Pesawat ini membawa 133 penumpang, 1 pilot, 1 copilot, dan 5 awak kabin. Pilot pesawat adalah Kapten Marwoto Komar. Jumlah korban tewas adalah 22 orang (21 penumpang dan 1 awak pesawat). Beberapa tokoh Indonesia juga ikut dalam penerbangan ini antara lain yaitu Ketua Umum PP Muhammadiyah Dien Syamsuddin (luka ringan), kriminolog Adrianus Meliala (luka), dan mantan rektor UGM Yogyakarta Prof Dr. Kusnadi Hardjosumantri (meninggal). Pesawat tersebut juga membawa 19 warga negara asing antara lain dari Jepang, Brunei Darussalam dan 8 orang warga Australia yang merupakan rombongan jurnalis yang akan meliput kunjungan Menteri Luar Negeri Australia Alexander Downer di Yogyakarta.
     Saksi mata mengatakan api dipicu dari meledaknya ban depan saat mendarat sehingga menjalar ke badan pesawat. Dilaporkan pula bahwa badan pesawat terbelah memanjang dari bagian kabin hingga ekor pesawat, sementara salah satu sayap pesawat pecah dan terbelah. Pesawat yang naas tersebut dibuat pada 19 Oktober 1992 dan telah memiliki total jam terbang 34.112 jam per 31 Oktober 2006. Sebelum dipakai Garuda pada 7 Oktober 2002, pesawat tersebut sudah dipakai oleh sejumlah maskapai penerbangan.


Helios Airways Penerbangan 522 :
Helios Airways Penerbangan 522 (HCY 522 atau ZU522) adalah penerbangan Boeing 737–300 Helios Airways yang jatuh di gunung pada tanggal 14 Agustus 2005 pada pukul 12:04 EEST, di utara Marathon dan Varnavas, Yunani, yang terbang dari Larnaca, Siprus. Kekurangan oksigen menyebabkan lumpuhnya awak, menyebabkan terjadinya kecelakaan pesawat setelah kehabisan bahan bakar. Tim penyelamat menemukan reruntuhan di dekat Grammatiko, 40 km (25 mil) dari Athena. Seluruh dari 121 orang di atas pesawat tewas. Dengan 121 orang tewas, ini adalah bencana penerbangan paling mematikan dalam sejarah Yunani, melebihi Kecelakaan Olympic Airlines DC-6 di mana 90 penumpang dan kru tewas. Ini adalah kecelakaan ke-69 dari Boeing 737 (pesawat jet penumpang paling banyak di dunia) sejak diperkenalkan untuk bertugas pada tahun 1968.

Sumber :

  1. Penerbangan Garuda Indonesia GA-200 : http://id.wikipedia.org/wiki/Garuda_Indonesia_Penerbangan_200
  2. Serangan Mujahidin IIA adalah penyebab jatuhnya pesawat kargo AS di Bagram : http://www.arrahmah.com/news/2013/05/02/serangan-mujahidin-iia-adalah-penyebab-jatuhnya-pesawat-kargo-as-di-bagram.html
  3. Lion Air Penerbangan 904 : http://id.wikipedia.org/wiki/Lion_Air_Penerbangan_904
  4. Helios Airways Penerbangan 522 : http://id.wikipedia.org/wiki/Helios_Airways_Penerbangan_522

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com