3/17/13

Penyakit Mata Silinder

          Apa itu Mata Silinder? Pasti rata-rata sudah tahu apa itu penyakit mata silinder. Yah aku merupakan salah satu pengguna kacamata dengan penyakit mata silinder. Tapi jarang pakai kacamata (tolong jangan diikuti, sebenarnya harus menggunakan kacamata!!!). Alasanku dari dulu enggak menggunakan kacamata adalah sering diketawain, dibilang kaya ibu-ibu, dan saat itu masih ababil, jadi ya gak tahan di ejek-ejek gitu. Padahal pakai kacamata kan gak buat gaya-gayaan. Sebenarnya ada ceritanya mengapa aku bisa menggunakan kacamata.
          Berawal dari SD, ortuku sudah membeli komputer PC Pentium 4. Jadinya dari kelas 4 SD aku selalu di depan komputer dari pulang sekolah. Mencoba belajar pakai Ms. Word dan Excel. Yah gak lupa juga main game. Hehehehe. Lanjut sampai SMP, karena kakakku dua-duanya jurusan Teknik Sipil, mereka selalu menggunakan software Auto CAD. Wah aku juga coba belajar pakai itu, jadinya waktu nambah di depan komputer. Sampai SMA, aku masuk Club Computer, yah nambah lagi selalu di depan komputer. Dan pada akhirnya SMA kelas X, aku merasakan aneh pada mata. Mata sebelah kiriku, terdapat benjolan putih. Wah kaget setengah mati. Takut di operasi.

          Akhirnya cek ke RS, ternyata mataku mengalami peradangan karena radiasi komputer. Pada akhirnya di test mata, dan hasilnya menyatakan bahwa aku minus 0.5 dan silinder 0.25. Mau gak mau pakai kacamata. Dokter pun memberikan obat agar mataku sembuh dari peradangan. Tapi setelah pakai kacamata di sekolah, gara-gara diejek, aku jadinya males pakai kacamata dan memutuskan untuk selalu duduk di depan. Pada akhirnya sampai kuliah, cek mata lagi. Dan ternyata minus ku hilang dan silinderku nambah jadi 0.5. Denger-denger silinder gak bisa hilang. Makin takut lagi, dan jadinya aku ini adalah silinder murni.
         Tapi, setelah itu aku jarang juga pakai kacamata karena aku selalu duduk di depan. Tapi semenjak aku semester 4, aku duduknya di tengah-tengah agak kebelakang, jadi mulailah terasa tulisan itu berbayang kalo dosen nulisnya di papan. OMG.... Dan sekarang aku kan semester VI nih, dan di semester ini, aku merasakan pusing yang gak tertahankan deket daerah mata, pusingnya sampai ngerasa pengen muntah. Kemungkinan silinderku ini bermasalah lagi. Jadi bagi yang silinder juga, harus pakai kacamatanya terus biar gak nambah ya, tar nyesel kalo udah nambah.
          Lalu apa itu Mata Silinder? Mata silindris atau astigmatisme (medis) adalah sebuah kondisi dimana bentuk permukaan mata yang disebut kornea atau lensa mata yang terletak lebih dalam, memiliki perbedaan kelengkungan pada permukaannya. Mata normal akan memiliki permukaan yang merata pada setiap arahnya, namun pada astigmatisme terdapat beberapa daerah pada permukaan yang sebagian rata atau cenderung dalam. Ibaratkan seperti telur atau bola rugby (normalnya seperti bola). Keadaan ini menyebabkan sinar yang masuk ke mata akan dibiaskan tidak pada satu titik fokus sehingga objek yang dilihat adalah tidak jelas dan berbayang.  Pada umumnya, astigmatisme terjadi sejak lahir dan sebagian lainnya karena trauma, penyakit atau riwayat operasi pada mata.
          Untuk mengatasinya dapat diberikan bantuan kacamata lensa silinder. Pemberian kacamata lensa silinder memang tidak bersifat merubah bentuk bola mata yang sudah ada, tetapi membantu agar sinar yang masuk ke mata menjadi dibiaskan pada satu titik fokus dan kemudian objek yang dilihat menjadi jelas. 
          Disini, aku jelasin dulu, kira-kira apa sih penyebab orang sampai matanya silinder?

  1. Faktor keturunan atau genetika. Faktor keturunan selalu menjadi salah satu penyebab utama timbulnya suatu jenis penyakit, semisalnya mata silinder ini, penderita mata silinder memiliki kemungkinan adanya faktor keturunan dari salah anggota keluarga yang mungkin pernah atau menggunakan kacamata silinder. Namun pada umumnya besarnya turunan mata silinder besar adalah diatas 1,5 diopter ( 1,5 cm ).
  2. Radiasi cahaya. Mata sering digunakan lebih dari kemampuannya, sehingga anda memaksa mata untuk tetap aktif melihat padahal mata anda telah memberi suatu respon untuk beristirahat. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan dapat menjadi penyebab awal mata silinder, yakni radiasi cahaya yang ditimbulkan dari sinar radiasi TV, cahaya monitor komputer yang tidak dilindungi filter pelindung monitor, membaca dalam pencahayaan yang kurang atau pencahayaan yang lebih, membaca sambil tiduran, waktu istirahat yang kurang, sering begadang dan sebagainya.
  3. Terkena penyakit mata tertentu, misalnya : Keratoconus / kornea yang membentuk kerucut, Ptosis atau kelopak mata yang menggantung atau kesulitan untuk membuka salah satu kelopak mata, Sering bisulan di sekitar area kelopak mata, Pasca operasi mata, dan Pasca trauma dari suatu kecelakaan yang mengenai mata.
  4. Kekurangan asupan vitamin penting. Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama mata, karena mata merupakan salah satu indera tubuh yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Asupan nutrisi, protein dan lemak penting bagi kornea mata anda. Karena kornea dan lensa mata memiliki peranan penting dalam penglihatan.
          Apakah silinder bisa disembuhkan? Dari beberapa bahan yang aku bacca di internet, ada yang mengatakan bisa dan ada yang mengatakan tidak bisa disembuhkan. Yang mengatakan bahwa silinder tidak bisa sembuh adalah sebagai berikut :
Silindris tidak bisa hilang, apalagi jika lebih dari 0,25 D. Tidak ada pula obat atau vitamin yang bisa menyebuhkannya. Penderita silindris sebaiknya menggunakan kacamata dan lensa kontak yang mampu menempatkan sinar tepat, terfokus ke macula.
          Lalu yang mengatakan bahwa silinder dapat disembuhkan dengan menggunakan operasi laser Lasik dengan biaya yang agak mahal. Tetapi ada juga yang mengatakan beberapa tips menyembuhkan mata silinder, berikut tipsnya :

  1. Melakukan Olah Raga Mata. Lakukan olah raga mata setiap hari terutama pada pagi dan sebelum tidur. Olar raga ini bertujuan melatih mata agar lentur dan membuka mata agar mendapat oksigen yang cukup. caranya dengan menggerakkan mata ke kiri dan ke kanan, kemudian pandangan lurus ke depan selanjutnya tekan kedua pelipis mata kanan kiri dengan kedua tangan anda, pijat memutar searah jarum jam, kemudian pijit perlahan bagian belakang  bawah kepala.
  2. Melakukan Kompres mata dengan Air Hangat. Lakukan kompres mata dengan air hangat setiap hari. jangan membuat mata anda tergantung dengan kacamata. Dengan melakukan kompres Mata, maka membuat otot otot mata akan lentur dan mata tidak tegang
  3. Operasi Lasik Mata. Penyembuhan Mata Silinder dapat dilakukan dengan cara cepat melalui operasi lasik. tentu saja operasi ini akan membutuhkan biaya yang mahal. Operasi dilakukan dengan mengembalikan lengkungan mata menjadi normal.
  4. Hindari kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk sangat penting untuk menjaga mata anda tetap normal. hindari kebiasaan yang tidak baik seperti membaca terlalu lama, terlalu dekat, dan tidak cukup cahaya, menonton Tv terlalu dekat, bermain games dan komputer terlalu dekat. cobalah mata anda jangan terlalu lelah dengan kegiatan tersebut.
  5. Selalu menjaga kebersihan mata. Mata dapat dilakukan dengan menggunakan kapas yang direndam dulu dengan air. bersihkan mata dengan cara menyeka mulai dari sisi kiri ke kanan sekali usap saja. jangan menggunakan dua kali karena kotoran akan menempel pada saat membersihkan yang pertama kali dan bila digunakan 2 kali akan menyebabkan luka di mata
  6. Jangan Menggunakan bantal, handuk, atau guling dengan orang lain. Kelihatannya tidak masuk akal apalagi dengan keluarga sendiri, tetapi perlu diperhatikan juga bila barang tersebut terjangkiti oleh bakteri dari orang lain, bisa menularkan penyakit mata ke kita.
  7. Menggunakan Suplemen Mata. Penyakit Mata Silinder bisa juga disebabkan kurang zat atau gizi yang di konsumsi oleh mata kita. Suplemen mata sudah banyak beredar di toko obat atau apotek. pilihlah suplemen mata sesuai dengan petunjuk dokter.
          Jadi kesimpulan yang aku dapat dari bahan bacaan dan pengetahuanku dari dulu adalah jika merasa pusing yang berbeda dari biasanya, bawa aja ke dokter atau periksa mata. Jika menderita silinder, mending langsung buat kacamata biar silindernya gak nambah. Banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A. Besok aku juga bakal periksa mata lagi, karena lebih baik mata diperiksa setiap 6 bulan sekali, siapa tau silinder nya bisa berubah ukuran.
          Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)



Sumber :
  • http://www.matasilinder.com/penyebab-mata-silinder/
  • http://www.klikdokter.com/tanyadokter/read/2010/01/11/7536/mata-silinder-dapat-sembuh-
  • http://jogja.tribunnews.com/2012/08/02/tribun-apakah-mata-silindris-bisa-disembuhkan
  • http://kesehatan-mata-kita.blogspot.com/2011/11/7-tips-menyembuhkan-mata-silinder.html

46 comments:

  1. makasi..
    :)
    ingat juga di like dan share :)

    ReplyDelete
  2. Jangan2 silinder q jg bertambah :(

    ReplyDelete
  3. sama2..
    jangan lupa di share ya post q :)

    ReplyDelete
  4. terima kasih, infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  5. Barusan dr optik, dibilang silinder 0,25 emm..smpai rumah browsing apa itu silinder? trimakasih, sangat membantu. Alhamdulillah, td saya langsung beli kacamata silinder, tapi masih malu makainya. Gara2 blog ini, mungkin bakalan dihilangkan malunya biar gk nambah

    ReplyDelete
  6. kira2 silinderku bertambah ga ya? belum pernah periksa lagi sejak kuliah 8 tahun yang lalu (pada saat itu silinderku 0.25), setelah baca artikel ini jadi pengen cek lagi

    ReplyDelete
  7. di cek aja biar tau skrg berapa :D

    ReplyDelete
  8. Saya juga minus setengah dan silinder seperempat, awalnya pandangan yang berbayang itu normal-normal saja dan semua orang pasti mengalaminya (saya kira begitu). Namun setelah konsultasi, ternyata itu adalah mata silinder. Akhirnya ya, saya pake kacamata.

    ReplyDelete
  9. Terimakasih,..
    saya jadi tau apa itu silinder.
    kemarin habis periksa mata, karena sering pusing dan berbayangan kalo pas liat tulisan.
    ternyata mata saya silinder 2 dan satunya lagi silinder setengah.
    sepertinya harus pake kacamata ini biar silindernya berkurang...

    ReplyDelete
  10. terimakasih. tadi baru dari optik. katanya mata kanan silinder 1. mata kiri minus 0,5.

    ReplyDelete
  11. Makaih mbak... infonya menarik. Mbak saya pernah melakukan cek silinder mata di internet pake garis garis gitu... kaya busur derajat.. tapi abis itu sya termasuk yg golongan silinder...karena ada garia yang tampak abu2 dan hitam.. jdi aki termasuk yg silinder nggak... sma aku mungkin juga kena minus soalnya aku ngeliat tulisan dipapan tulis tuh dah gak jelas dan berbayang gitu.. oh ya mbak sya kelas 4sd masihan... maklum mbak sya tiap hari main games trus gadget dan biasanya baca sambil tiduran.. tolong balasnnya y mbak makasih
    SALam manIs

    ReplyDelete
  12. kalau aku, silinder itu kalau melihat garis lurus itu kayak enggak lurus.
    Terus yang enggak lurus aku bilang lurus.
    hehe..
    sama berbayang gitu..

    ReplyDelete
  13. Makasih atas infonya, sangat bermanfaat :) aku penderita silinder yang baru tau kalau aku silinder, karena hasil tes itu aku gag minus tapi silinder 0.25 dan 0.5

    ReplyDelete
  14. wahh , sangat bermanfaat & makasih infonya . mata saya silinder , sebelum periksa saya juga udah ngerasa aneh sama mata saya . tapi waktu abis periksa , ternyata saya silinder 1,25 . tapi saya belum pakai kacamata

    ReplyDelete
  15. wah persisi bgt , aq juga lebih banyak menghabiskan waktu didepan komputer . makasih iformasinya , aq penderita mata minus 0,75 dan sillinder 1,25 .

    ReplyDelete
  16. Keren tuh infonya mas e & mbakee. Saya juga menemukan online shop baru yang menjual SoftLens warna online x2, geo lens, omega dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim serta dapat dipercaya. ayo cekidott...

    ReplyDelete
  17. thanks alot for the info ya, aku jadi semakin tau kalo harus pakai kaca mata, padahal agak males sih kalo pakai kaca mata, senang nya pakai kaca mata gaya ( black ) tapi kalo udah kayak gini, pakai kaca mata gaya malah nambah ga jelas lihat orang. :(

    ReplyDelete
  18. tadi baru cek katanya silinder 0.25 tapi masih ga percaya sma optiknya
    jadi belum mau pake kacamata, ntah kenapa
    kadang emang rabun tapi ngeyakinin hati aja klo mataku sehat :)

    ReplyDelete
  19. makasih. artikelnya bermanfaat banget...
    bln april kmrin sy silinder 1, kira2 skrg nambah gx ya?
    soalnya jarang banget pke kaca mata. padahal aktftas lbih sering d dpn komputer.
    lo rajin pake kc mata apa silindernya akan berkurang?

    ReplyDelete
  20. Abis dari optik & positif silinder 0,5
    Rasanya agak aneh klo harus pake' kaca mata
    Abis baca artikel ini jdi lebih mikir pentingan mata dripada malunya

    ReplyDelete
  21. kakak, parahan mata minus atau mata silindris murni?

    ReplyDelete
  22. Kak aku kemarin cek ke optik hasilnya silinder yg kanan -1,25 yg kiri -3,50 kira kira itu parah ga sih? tp kemarin aku langsung bikin kkacamatanya sih
    Ditunggu balasannya ya ka, terima kasih

    ReplyDelete
  23. Kak aku kemarin cek ke optik hasilnya silinder yg kanan -1,25 yg kiri -3,50 kira kira itu parah ga sih? tp kemarin aku langsung bikin kkacamatanya sih
    Ditunggu balasannya ya ka, terima kasih

    ReplyDelete
  24. @Puri : iya, jangan mikirin malunya, tapi kita lebih milih mikirin mata kita, kasihan kan :)
    @Elisa : menurutku sama2 enggak enak itu :(
    @Putra : Menurutku udah lumayan itu, segera aja pakai kacamatanya kalo udah jadi :)

    ReplyDelete
  25. Aku silinder -2.25 sebelah kiri aja.. yg kanan normal.. males bgt pake kaca mata hahaha... pake kaca mata kalo keluar rumah aja.. kalo dirumah males...

    ReplyDelete
  26. aku baru periksa mata , ternyata hasilnya silinder setengah kiri kanan . haruskah pake kacamata ?
    ga suka pake kacamata

    ReplyDelete
  27. jd harus pakai kacamata ya, aku mata kanan silinder 0,25 dan yang kiri normal

    ReplyDelete
  28. harus pake kacamata yah silinder setengah

    ReplyDelete
  29. Kalo mata kanan serasa ada cahaya di satu sisi, sementara mata kiri buram tanpa cahaya, dan ketika melihat objek sering pusing dan sakit kepala, kira² itu masuk silinder/minus gak kak? Berdasarkan pengalaman kakak

    ReplyDelete
  30. Aku juga silinder murni. Sebelah kanan 2.25 dioptri dan sebelah kiri 2.50 dioptri.

    ReplyDelete
  31. Aku juga kena silinder. 2.25 dan 2.50 dioptri. Kalo gak pake kacamata pusing banget kepala dan mata terasa tegang

    ReplyDelete
  32. Kmrn cek mata katany silinder 0.25 alhasil jd pake kacamata,
    Sbnrny yg aku mrasa gak brmasalah sm skali ama penglihatanku, cuma sering brasa pusing di dahi/jidat trus brasa silau liat komputer (aku shri2 krja dpn komputer),

    Yg bkn aku bingung tanpa kcmata penglihatanku malah lbh bening?
    Kmrn wktu tes mata baca2 tulisan gitu dsuruh tutup mata sblh hasilny gini kalo tanpa lnsa penglihatan lbh bening n terang tp hurufny agak brbyng, kalo dgn lensa hurufny lbh fokus tp kurang bening.

    Pertanyaanny, emg gitu y rasa pake kcmata? Atau ada info pencerah laen?

    Trus kok kcamata sblh kiriku srg bruap jd pndgan sering ktutup, sdg yg knan gak, apa aku aj yg blm biasa?

    ReplyDelete
  33. mata aku silindris 0.25 kira kira itu mending pake kacamata atau nggak ya ?

    ReplyDelete
  34. mataku slindris 0,25 kira kira itu mending pake kacamata atau nggak ya ?

    ReplyDelete
  35. Bantu jawab yaa sis. Cerita nya aku mengeluh pusing akhirnya periksa ke internist dan setelah periksa disarankan untuk periksa ke dokter mata karena kemungkinan silinder. Dan internist nya bilang kalo periksa jgn ke ahli kaca mata tapi ke dokter mata. Mungkin sis bisa periksa ke dokter mata aja supaya bisa lebih lengkap pemeriksaan nya selain itu nanti sis juga bisa dapat obat tetes mungkin kelopak mata kotor.

    ReplyDelete
  36. Aku cma minus slama ini, barusan cek mata udah langsung silinder 1

    ReplyDelete
  37. Di mata kakak kok ada benjolan putih padahal baru min 0.5 dan syl 0.25 ?
    Aku udah min 1.25 dan syl 1.00 nggak ada loh

    Dan lagi aku juga sebenernya tahun lalu udah pernah periksa mata dan cuma min 1.25 jadi aku merasa nggak usah dululah, eh waktu kemarin aku periksa lagi ternyata aku udah nambah jadi min+sylindris aja padahal aku nggak pernah ngerasain seperti yang temen-temen aku penderita sylindris rasain

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau sih aq kenapa ad benjolan putih itu ya..
      tapi skrg aq ud min 1.5 & cyl 0.75 :(

      Delete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com