6/13/14

Penyakit Kutu Air Pada Kaki

Kaki terkena Kutu Air
     Pernah enggak di sela-sela kaki terasa gatal dan perih, tepatnya berwarna merah seperti melepuh? Itu merupakan ciri-ciri kaki terkena kutu air. Biasanya di saat aku terkena kutu air ini, ketika gatal dan digaruk maka akan semakin gatal dan rasanya perih. Apa penyebabnya? Bagaimana cara penyembuhannya? Ayok simak dulu bacaan dibawah ini ya ^^ Kutu air adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur dermatofit (dermatophytes) atau trikofiton (trichophyton). Infeksi jamur umumnya terjadi di kaki meskipun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, pangkal paha, dan kulit kepala. Infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari kaki.

GEJALA TERKENA KUTU AIR
  1. Sela-sela jari terasa panas dan gatal.
  2. Kulit menjadi kering dan bersisik.
  3. Permukaan kulit pada sela-sela jari berwarna merah dan seperti melepuh.
  4. Terjadinya pembengkakan kulit.
PENYEBAB TERKENA KUTU AIR
Kutu air biasanya disebabkan karena kondisi udara yang terlalu lembab atau karena seringnya kaki terkena air. Namun tingkat sensitifitas kulit seseorang  juga berpengaruh terhadap tumbuhnya kutu air di kulit. Biasanya saat musim banjir seseorang lebih mudah terserang kutu air karena kondisi kaki yang terus basah ditambah kotornya air sehingga semakin mempersubur jamur penyebab kutu air. 

PENGOBATAN
  1. Gunakan campuran antara air hangat dan garam secukupnya untuk merendam kaki. Campuran ini dapat membunuh bakteri penyebab kutu air. Kaki direndam selama 15-20 menit agar dapat mengurangi rasa gatal pada bagian yang terkena kutu air.
  2. Gunakan teh sebagai pembasmi kutu air. Caranya yaitu rendamlah 6 kantong teh celup dengan 1,5 liter air hangat, lalu biarkan hingga dingin. Teh yang telah dingin tersebut digunakan untuk merendam kaki hingga rasa gatal mulai reda. Teh memiliki asam tannic yang dapat membunuh jamur dan mengurangi rasa gatal.
  3. Gunakan pasta gigi, dengan fungsi pasta gigi akan membuat luka kutu air lebih cepat mengering sehingga lebih cepat sembuh.
  4. Gunakan salep khusus kutu air yang dapat dibeli di apotik terdekat.
Sumber :
  • http://alamiilmiah.com/cara-mengobati-kutu-air-di-kaki/
  • http://www.amazine.co/18613/kutu-air-penyebab-gejala-penularan-dan-pengobatannya/

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com