6/12/14

Aktivitas Yang Harus Dihindari oleh Penderita Skoliosis


Contoh Penderita Skoliosis

  Met pagi ^^ (Soalnya buatnya sambil megadang). Nih aku buat lagi artikel tentang skoliosis. Kenapa? Soalnya udah dari 2 hari yang lalu, aku merasakan nyeri pada skoliosisku. Mungkin enggak ngeluh lagi sama ibu karena ngerasain sakit ini hampir setiap hari ya. Tapi kali ini sakitnya udah emang rasanya "sakit". Duduk gak bisa lama-lama nih. Berawal dari pengennya hidup sehat. Udah lama banget aku meninggalkan kebiasaan olahraga setiap hari. Aku pikir dari sekarang aja deh mulai olahraga. Yang aku lakuin sih gerakan pemanasan dan jogging. Ya isi lari-lari gitu dikit deh. Nah malamnya sakit dah ni skoliosis. Aku agak enggak yakin, apakah gara-gara jogging tadi ini ya yang bikin tulang belakangku nyeri gini?

    Di hari kedua, aku lakukan olahraga yang sama. Rasanya habis olahraga tu seger gitu deh. Malamnya nyeri lagi ini skoliosis. Hmm, aku bawa tidur aja deh. Tibalah hari ini, ini bener-bener sakit nih tulang. Sampai-sampai nahan sakitnya harus tiduran di kasur. Habis itu pejamin mata, coba relax, tarik nafas, dan pasrah kepada Tuhan agar sakitnya perlahan-lahan dikurangi sampai hilang. Sambil deh aku searching di internet. Nemu deh suatu web yang memberitahukan tentang skoliosis juga. Waktu Februari 2014, aku cek derajat skoliosisku adalah 10 derajat, otomatis termasuk kategori skoliosis ringan. Kategori skoliosis dibagi menjadi 3, yaitu :
1. Skoliosis ringan

  • Derajatnya antara 10 - 25 derajat.
  • Kepala, bahu, dan pinggang terlihat tidak sama tinggi.
  • Pada pemeriksaan postur tampak samping, kepala lebih ke depan dibandingkan bahu.
  • Baju terlihat tidak simetris.
  • Sering ditemukan pada anak perempuan.
  • Skoliosis ringan lebih mudah untuk diperbaiki dan resiko menjadi skoliosis yang lebih berat hanya 22 %.
2. Skoliosis sedang
  • Derajatnya antara 25 - 40 derajat.
  • Kepala, bahu, dan pinggang terlihat tidak sama tinggi.
  • Baju terlihat tidak simetris.
  • Salah satu tulang belikat terlihat lebih menonjol dan sering ditemukan "Rib Hump".
  • Sering dijumpai keluhan nyeri atau sakit di daerah punggung, terutama diantara tulang belikat dan sakit kepala.
  • Mudah lelah setelah aktivitas fisik.
3. Skoliosis berat
  • Derajatnya lebih dari 40 derajat.
  • Tulang belakang terlihat seperti huruf "C" atau "S".
  • Kepala, bahu, dan pinggang terlihat tidak sama tinggi.
  • Baju terlihat tidak simetris.
  • Salah satu tulang belikat terlihat lebih menonjol dan sering ditemukan "Rib Hump".
  • Sering dijumpai keluhan nyeri atau sakit di daerah punggung, terutama diantara tulang belikat disertai sakit pinggang dan sakit kepala.
  • Mudah lelah dengan aktivitas fisik, termasuk duduk atau berdiri terlalu lama.


    Aktivitas yang harus dihindari oleh penderita skoliosis adalah sebagai berikut :
  1. Ekstensi Torso : Melakukan gerakan ekstensi (gerakan ke belakang/kayang) pada punggung anda secara berulang harus dihindari karena akan menyebabkan vertebrae thorakal (ruas tulang belakang bagian punggung) berputar lebih jauh dan menambah kemiringan pada skoliosis anda. Hindari gerakan membungkuk ke belakang (posisi kayang), gymnastic, beberapa posisi yoga, dan gerakan tari yang membuat badan anda seperti posisi kayang).
  2. Tidur dengan lampu menyala : Studi membuktikan pada pasien skoliosis kadar melatonin menurun. Melatonin dihasilkan saat anda tidur namun hal kecil seperti lampu menyala dapat mengurangi atau menghentikan produksi dari melatonin dan menyebabkan defisiensi. Defisiensi Melatonin mengakibatkan perkembangan pubertas dini dan meningkatkan progresitivitas dari skoliosis. Hindari tidur dengan lampu menyala, TV menyala, penggunaan lampu tidur.
  3. Lari jarak jauh : Menghindari lari atau jogging jarak jauh menurunkan resiko berkembangnya skoliosis. Hal ini dikarenakan tekanan berlebihan pada tulang belakang anda akan menyebabkan apeks dari skoliosis (bagian tengah dari kurva yang memiliki kemiringan paling besar) berputar dan bergeser lebih jauh sehingga akan menambah kemiringan skoliosis anda.
  4. Hindari angkat berat : Efeknya sama seperti yang terjadi pada lari jarak jauh.
     Bersyukur sih aku pagi ini searching tentang skoliosis di Google. Setidaknya pengetahuanku tentang skoliosis semakin bertambah ya.. Hehehe... Semoga yang aku buat ini bisa bermanfaat. Salam Skolioser !!! ^^


Once Scoliosis, Forever Scoliosis

Sumber : http://indahchiropractic.com/scoliosis--treatment.html

16 comments:

  1. sekarang udah berapa derajat sis ? anak gue umur 7 thn juga kena skoliosis 11 derajat. itu hasil x ray bulan july kmaren. sampe skrg blon pernah cek ke dokter lagi.

    ReplyDelete
  2. terakhir aku cek nya bulan feb 2014 dibilangnya 10 derajat..
    sekarang belom rongten lagi...
    itu harus di cek lgi anaknya, soalnya umur masih kecil malah cepet bengkok tulangnya karena masih muda *dari beberapa artikel yang aku baca gitu, cuma itu gak semua kasus seperti itu*

    ReplyDelete
  3. Anak saya juga skoliosis sejak bayi. Ad yg bisa ngasih solusi?

    ReplyDelete
  4. yang bisa memberikan solusi yang paling baik adalah dokter orthopedi langsung ya... biar enggak salah dan penanganannya tepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh maaf ini klo nanyanya asal. Kira2 dri mbk soniya rontgen pertama sampe terapi ngeluarin biaya berapa besar??

      Delete
  5. kalau rongten kalo enggak salah harganya 400rb kayanya, aq udah agak lupa. waktu itu rontennya 4 sisi. lalu setiap fisio terapi bayarnya disini sih 180rb. tapi karena aku jarang fisio ya jadinya enggak terlalu banyak ngeluarin uang.

    ReplyDelete
  6. mau nanya, kira kira pemakaian brace ngaruh ke tulangnya cepat gak?

    ReplyDelete
  7. gabung aja dgn grouo Masyarakat skoliosis indonesia. dstu banyak para skoli dr berbagai mvm daerh d seluruh indonesia.. jd bisa sharing satu sm lain.

    ReplyDelete
  8. gabung sj dgn group Masyarakat skoliosis indonesia. dstu bnyk para skoli dr berbagai mcm daerh d seluruh indonesia. jd bisa sharing satu sm lain..

    ReplyDelete
  9. saya udah gabung ke grup masyarakat skoliosis indonesia di fb, tp belum diterima, ada grup lain gak?

    ReplyDelete
  10. aku enggak tahu lo, aq cuma tau ada grup itu aja..

    ReplyDelete
  11. mau nanya kira kira buat skoliosis bagusnya renang gaya apa ?

    ReplyDelete
  12. terimakasih , Sangat MMemotiasi saya yg belum rongten hehehe , pertama saya takut rongten , tah ngapa saya pengennya rongten sendirian aja , saya akan rajin berenang kak , jujur saya nangis bacanya kak , saya cowo sulit sekali nyari kerja karna badan saya kecil 158cm di tambah muka kayak anak anak , tapi saya tetap bersyukur , berdoa yg terbaik , makasih kak T.T

    ReplyDelete
  13. ayo persiapkan dirinya untuk tahu derajat ya.. semangat Adam ^^

    ReplyDelete
  14. Saya baru aja foto skoliosis dgan derajat 15 kekiri dan 33 ke kanan diumur ke 28 ni apa yang harus ku lakukan dokter nyaran kan foto IMR tp aq takut akan terjadi apa",,slama ni aq gak merasa aneh dalam diriku n tak ada keluhan yang ku rasakan,,bingung n takut

    ReplyDelete
  15. Derajat skoliosis ku udh lbh dr 50%..dokter menyarankan untuk coba terapi dlu 6 bln..nnti dicek hsilnya sperti apa..klo tmbh parah terpaksa harus dilakukan operasi... aku takut klo sampai operasi... :'(

    ReplyDelete

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com