11/15/12

Membuat Web Penjualan Online dengan Prestashop

Ingin mempunyai web penjualan online? Cara gampangnya ya tentu saja dapat menggunakan CMS Prestashop. PrestaShop adalah salah satu solusi jualan online yang cukup populer di Indonesia. Hal ini karena fitur-fitur PrestaShop yang cukup lengkap, mudah dipahami, sederhana, gampang, siap pakai, bisa di-instal dengan mudah dalam web hosting, dan tentu saja gratis. Posting ini akan mengetengahkan PrestaShop sebagai salah satu solusi jualan online atau web eCommerce yang murah namun memadai bagi kalangan pedagang kebanyakan. Posting ini akan memaparkan kemudahan-kemudahan PrestaShop bagi pelanggan, pemilik toko online, dan juga bagi admin toko online.


PrestaShop menyediakan solusi perangkat lunak bagi sebuah toko online. Selain perangkat lunak, sebuah toko online memerlukan komponen lain berupa nama domain dan web hosting. Solusi gratis yang ditawarkan oleh PrestaShop hanya dalam hal penggunaan perangkat lunak, tidak termasuk sewa domain dan web hosting. Namun untuk skala kecil dan menengah, sewa domain dan hosting saat ini sudah tergolong cukup murah.

Langkah-langkah untuk dapat menggunakan CMS Prestashop adalah sebagai berikut :
1. Pembuatan database untuk web yang akan dibuat. Misalkan Web yang akan dibuat adalah Penjualan Boneka Online, maka dapat dibuatkan database dengan nama "boneka". Untuk dapat membuat database tersebut, dapat melalui PhpMyAdmin. Dimana sebelumnya pastikan Laptop/PC sudah terinstal PhpMyAdmin. Jika pada Laptop/PC belum terdapat PhpMyAdmin, silahkan men-downloadnya dengan link  http://www.phpmyadmin.net/home_page/downloads.php. Dan jangan sampai lupa, pada PC/Laptop harus terinstal Xampp atau Wampp.

2. Jalankan Wampp/Xampp. Ketikkan http://localhost/phpmyadmin/ pada Web Browser, lalu enter. Maka akan muncul tampilan PhpMyAdmin. Pilih database. Sehingga tampilannya akan seperti dibawah ini. Ketikkan nama database yang akan dibuat, misalkan "boneka". Maka ketikkan "boneka" lalu pilih Create. Jika berhasil, maka akan tampil pop-up "Database boneka has been create".


3. Lalu download installer CMS Prestashop dengan link http://www.prestashop.com/en/download. Setelah berhasil di download, extract file tersebut ke wampp\www jika menggunakan wampp, jika menggunakan xampp file tersebut di extract ke xampp\htdocs, dengan nama folder sesuai dengan web yang akan dibuat. Disini saya berikan contoh dengan nama web boneka online, maka folder saya akan berikan nama bonekaonline.


4. Lalu ketikkan http://localhost/bonekaonline/install/ pada Web Browser. Pilih bahasa yaitu English. Lalu beri centang pada I agree to the above terms and conditions & I agree to participate in improving the solution by sending anonymous information about my configuration. Jika sudah, maka pilih Next untuk melanjutkan instalasi.
Setelah muncul tampilan seperti di atas, maka pilih Next untuk melanjutkan lagi proses instalasi Prestashop.

5. Lalu masukkan nama database yang sudah dibuat tadi, yaitu "boneka", ketikkan pada Database Name. Lalu pilih Verify. Jika berhasil, maka akan muncul pop-up Database is connected!. Lalu pilih Next untuk melanjutkan.

6. Lalu masukkan Shop Name dengan Shopping Boneka Online. Pilih main activity. Sebenarnya saya bingung juga kalau penjualan boneka termasuk yang mana, karena saya ceritanya menjual boneka binatang, maka saya pilih Animal & Pet. Pilih Default Country adalah Indonesia. Pilih Shop Time adalah Singapore. Pilih file yang akan di upload sebagai logo. Masukkan Firstname, Lastname, Email, Password. Jika sudah selesai memasukkan informasi tersebut, beri tanda centang pada Receive this information by e-mail. Lalu pilih Next.


7. Lalu proses instalasi akan ditampilkan seperti di bawah ini. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

8. Jika instalan sudah selesai, maka akan tampil seperti di bawah ini :

9. Untuk mengakses Front Office, dapat diketikkan pada Web Browser adalah http://localhost/bonekaonline/index.php. Untuk Back Office, hapus folder install pada wamp/www dan rename nama folder admin, misalkan menjadi adminnia. Setelah itu silahkan akses pada Web Browser dengan mengetikkan http://localhost/bonekaonline/adminnia.

10. Masukkan email dan password yang telah di daftarkan sebelumnya. Lalu pilih Log In.

11. Lalu akan muncul tampilan Back Office dari Web yang telah dibuat.
sekian dulu ya penjelasannya.. nanti akan saya sambung lagi.. :)

0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com