9/27/13

Manfaat Sarapan Pagi

     
Sudah tahukah kamu apa saja manfaat sarapan pagi? Yup kali ini aku pengen bahas ini, karena secara pribadi, aku mengganggap sarapan pagi itu sangat penting banget, walaupun sedang program diet. Hehehehe. Karena, kalau aku ini ya, tidak sarapan pagi akan susah berpikir pada saat kuliah, soalnya efek lapar buat tidak bisa berkonsentrasi, dan lebih takutnya lagi karena aku memiliki penyakit maag, jadi bener-bener harus sarapan pagi.
     Yang jadi masalah, ada beberapa yang beranggapan bahwa orang yang sedang program diet tidak sarapan pagi. Benarkah tidak sarapan pagi akan menurunkan berat badan? Ataukah malah sebaliknya? Beberapa searching yang aku lakukan di google, medapatkan hasil seperti ini.
      Manfaat dari sarapan pagi adalah :
  1. Sarapan dapat Menurunkan Berat Badan. Mungkin terkesan ganjil, bagaimana bisa makan pagi bisa membantu program penurunan berat badan?! Ini benar adanya. Beberapa penelitian menyebutkan orang-orang yang melewatkan makan pagi cenderung mudah bertambah berat badan. Penelitian terakhir yang dilakukan di London menunjukkan bahwa hal ini berkaitan dengan pola aktivitas di dalam otak. Dalam penelitian tersebut didapatkan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung makan siang lebih banyak daripada mereka yang sudah sarapan. Ini logis mengingat orang yang melewatkan makan pagi jauh lebih lapar daripada yang tidak melewatkannya. Ini tentu tidak mengejutkan. Yang mengejutkan adalah, orang yang melewatkan makan pagi cenderung memilih makan siang yang “menggugah selera”, yaitu makanan yang memiliki kadar kalori dan lemak sangat tinggi. Ini adalah pola aktivitas di dalam otak dimana rasa lapar dan ketertarikan terhadap makanan berkalori tinggi bekerjasama dan mendorong seseorang untuk makan lebih banyak. Porsi makan siang orang yang melewatkan makan pagi adalah 20% lebih banyak dari porsi makan siang pada mereka yang sebelumnya sudah sarapan. Menurut ahli nutrisi penulis buku The F-Factor Diet Tanya Zuckerbrot, R.D., sarapan pagi setelah perut kosong semalaman dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien. Namun Zuckerbrot menekankan bahwa kunci dari semuanya adalah jenis makanan yang Anda konsumsi. Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti donat akan membuat glukosa melonjak, kemudian turun drastis. Ini juga menyebabkan Anda merasa lapar pada jam 11-an.
  2. Memberi Kekuatan Metabolisme Setelah Sepanjang Malam. Sarapan dipertimbangkan sebagai waktu makan yang penting karena mengganti waktu malam yang tak terisi makanan serta menambah kebutuhan gula Anda. Gula adalah sumber energi yang diserap dari karbohidrat yang Anda makan. Di pagi hari, setelah Anda tak mengkonsumsi makanan selama 12 jam, zat gula dalam tubuh Anda turun ketingkat yang paling rendah. Saat ini terjadi, tubuh Anda menggantinya dengan melepas zat gula yang telah ditimbun di lapisan otot dan liver, yang disebut glycogen.
  3. Menambah Esensial Nutrisi Dan Tingkat Keseluruhan Energi. Sarapan menyediakan proporsi significan asupan total nutrisi untuk sepanjang hari, dan menawarkan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan yang penuh nutrisi seperti zat besi, vitamin dan serat. Esensial vitamin, mineral dan nutrisi lainnya hanya dapat diperoleh dari makanan.
  4. Memberi Otak Anda Bahan Bakar Untuk Meningkatkan Konsentrasi. Sarapan memperbaiki kemampuan Anda berpikir dan menjaga Anda tetap berada dalam penampilan mental terbaik. Sarapan menyediakan bahan bakar bagi otak Anda untuk meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan ingatan. Riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat rata-rata skor 22% lebih tinggi ketimbang rekannya yang tidak sarapan. Ketika Anda bangun pagi, sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen telah habis terkuras oleh aktivitas sehari sebelumnya. Menurut para ahli, glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan otak. Tanpa glukosa yang cukup, Anda merasa lelah dan berkunang-kunang.
  5. Menghindari Makan Tak Terkontrol. Sarapan dengan baik akan menjaga Anda dari rasa lapar berlebih, dimana ini dapat mencegah Anda makan berlebihan di siang harinya. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan mampu menahan lemak dan kalori tinggi dari makanan sepanjang hari. Saat Anda meninggalkan sarapan, Anda akan cenderung mengalihkan rasa lapar dengan ngemil sepajang pagi hingga menjelang makan siang. Dan hal ini akan mendorong Anda mencari pelarian lain pada kopi, atau minuman yang mampu meningkatkan energi.
  6. Sarapan dapat Mengurangi Resiko Penyakit Kronis. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, dan yang melibatkan lebih dari 2800 orang, menunjukkan bahwa mereka yang rutin makan pagi memiliki resiko atau permasalahan gula darah 50% lebih rendah dari mereka yang melewatkan makan pagi. Masalah gula darah bisa menjadi pelopor diabetes dan bisa meningkatkan kadar kolesterol. Kolesterol yang tinggi meningkatkan resiko penyakit jantung. Makan pagi sesegera mungkin setelah bangun tidur dapat membantu menstabilkan gula darah, karena sebelumnya anda tidak makan selama kurang lebih 12 jam, maka gula darah menurun hingga saat anda terbangun dan makan pagi. Jika anda memaksa tubuh anda mengalami kondisi demikian hingga waktu makan siang (melewatkan makan pagi) lalu makan siang dalam porsi besar, maka gula darah melonjak secara tiba-tiba. Jika kondisi melonjaknya gula darah semacam itu terjadi secara terus-menerus (konstan), maka dapat menyebabkan resistensi insulin, dan kemudian dapat berkembang menjadi penyakit kronis
  7. Menjaga kesehatan jantung.  Banyak penelitian yang menyebutkan sarapan penting bagi kesehatan jantung. Sebab orang-orang yang terbiasa sarapan punya kadar kolesterol rendah, ukuran yang lebih kecil, dan kadar insulin stabil dalam darahnya. 
  8. Mencegah penyakit Maag. Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.
     Lalu makanan apa saja yang tergolong sehat? Nah ini ada beberapa tips sarapan pagi yang sehat :
  1. Sarapan sebaiknya mengandung sekurangnya 5 gram serat, satu hidangan kalsium (setara dengan segelas susu atau yogurt) plus protein dan lemak. Batasi asupan gula hingga 6 gram (satu sendok setara 4 gram).
  2. Jika  tak ada waktu sarapan di rumah, Anda bisa membawa roti isi dan susu untuk dinikmati  di perjalanan atau pun setelah sampai di tempat kerja.
  3. Telur dalah bahan makanan yang relatif praktis dan mudah disajikan. Kandungan nutrisi dalam telur yakni vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalium, kalsium, dan zat lain, sangat diperlukan tubuh kita.
  4. Supaya bervariasi, kita boleh mengonsumsi  buah favorit untuk kebutuhan vitamin bagi tubuh.  Jika ada waktu di malam hari, blenderlah buah dicampur yogurt atau susu dan simpanlah di di lemari es untuk dikonsumsi pagi harinya.
  5. Bila Anda selalu tidak merasa lapar saat pagi hari, Zuckerbrot menyarankan agar Anda menghentikan makan setelah pukul 20.00 malam hari. Dalam dua atau tiga pekan ke depan, jam biologis nafsu makan Anda akan berubah.  Setiap bangun pagi hari, Anda akan merasa lapar.
     Jadi kesimpulannya, sarapan pagi itu sangat penting bagi tubuh. Walaupun sedang program diet, tetapi akan lebih baik mengontrol asupan kalorinya. Bukan berarti sedang diet tidak akan makan-makan ya, malah itu bisa membuat sakit. Jika mempunyai riwayat maag, sebaiknya sarapan pagi dan untuk selanjutnya makan dengan ukuran standar. Perbanyak makan buah. Sekian dulu ya. Semoga bermanfaat :)
    Segitu dulu ya yang bisa aku kasi infonya. Semoga bisa bermanfaat ya bagi kita semua. Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)


Sumber :



0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com