11/28/13

SMS Penipuan Mengatas Namakan Telkomsel

 
 Bagi para pengguna Telkomsel khususnya, berhati-hatilah jika mendapatkan SMS yang berisikan tentang memenangkan hadiah uang 49 juta dari Telkomsel. Karena masih banyak penipu yang melakukan cara random untuk meng-SMS para calon korbannya dengan mengirimi SMS memenangkan uang jutaan rupiah. Sedikit bercerita tentang pengalaman yang tepat hari ini aku alami. Aku baru saja mengaktifkan handphone yang menggunakan Kartu As (Telkomsel). Otomatis terdapat beberapa SMS yang baru saja masuk. Salah satunya memang dari pihak Telkomsel resmi tentang peringatan masa Telkomsel Flash ku akan berhenti beberapa hari lagi.
     Terakhir masuklah SMS dari nomor yang tidak aku kenal. Pengirim SMS itu dengan nomor +6282291430137. Isi SMSnya adalah sebagai berikut :
PESAN RESMI Dr. PT TELKOMSEL
Berkat isi pulsa No anda mnang hadiah Uang 49jt
Pin anda (F55p477) U/info 082312222204
KLIK; www.pesta-poin2013.jimdo.com
     Kesan pertama aku membaca SMS ini, udah langsung vonis bahwa SMS ini adalah penipuan. Mengapa aku katakan demikian? Karena memang terdapat banyak kejanggalan-kejanggalan. Kejanggalan yang menurut aku secara pribadi adalah :

  1. Cara penulisan SMS yang berantakan. Biasanya SMS resmi dari pihak operator manapun formatnya rapi.
  2. Penggunaan simbol yang seharusnya ":" , faktanya si penipu menggunakan simbol ";".
  3. Bahasa yang tidak baku. Biasanya SMS yang diberikan oleh operator resmi menggunakan bahasa yang formal, singkat, padat, dan sangat jelas.
  4. Jika memang benar yang mengirimkan SMS adalah operator resmi, biasanya nomor pengirimnya bukan nomor handphone biasa yang digunakan.
  5. Web yang digunakan oleh penipu telah terlihat jelas bahwa web yang digunakan adalah bukan web resmi Telkomsel. Penipu menggunakan jasa pembuat web gratis yaitu www.jimdo.com
     Kalau mau meyakinkan apakah si penipu ini benar-benar menipu, silahkan buka www.jimdo.com, disana bisa buat web dengan cara yang mudah dan tepatnya gratis.

     Setelah aku membaca SMS penipuan tersebut, aku iseng aja buka situs www.pesta-poin2013.jimdo.com. Ternyata wow banget ! Si penipu ini benar-benar berani banget buat situs untuk menipu yang mengatas namakan Telkomsel. Di web penipuan tersebut, di cantumkan bahwa "Acara Pengundian TELKOMSEL LIVE di RCTI Pukul 11.00 Siang WIB". Dengan gaya tulisan di web yang berjalan dengan efek tulisan menghilang. Seolah-olah dengan maksud agar web tersebut terlihat menarik. Padahal sungguh berantakan. hehehe.. Lanjut ya.
     Beranda di web penipuan tersebut, terdapat bacaan yang dapat meyakinkan si calon korban. Seperti apakah artikelnya?
Telekomunikasi Selular yang Menyatukan Bangsa
Telkomsel didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk  mencapai visi tersebut, Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia.
Memasuki era ICT (Information and Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%). Telkomsel terus mengembangkan layanan telekomunikasi selular untuk mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan gaya hidup selular, a truly mobile lifestyle.
Dari Telkomsel untuk Indonesia
Telkomsel memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan mobile lifestyle unggulan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pelanggan. Telkomsel menghadirkan teknologi agar bangsa Indonesia dapat menikmati kehidupan yang lebih baik di masa mendatang dengan tetap mendukung pelestarian negeri.
Untuk itulah, Telkomsel secara aktif mendorong pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi untuk menara BTS serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi remaja dan masyarakat yang kurang mampu. Melalui peningkatan kualitas masyarakat dan pelestarian lingkungan, Telkomsel berpartisipasi aktif untuk masa depan bangsa yang lebih baik.
"Telkomsel Paling Indonesia" 
     Lalu lengkap dengan daftar pemenang, pin hadiah, cara pengambilan hadiah, call center penipu, dan lain-lain. Untuk selengkapnya bisa dibuka aja langsung webnya ya. 



     Jadi, kita sebagai pengguna operator entah Telkomsel, XL, Indosat, atau yang lainnya harus berhati-hati menerima SMS tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Bila menerima SMS yang mengatakan bahwa kita memenangkan hadiah undian atau poin, perhatikan baik-baik nomor pengirim SMS tersebut. Bila nomor pengirimnya adalah nomor handphone biasa, maka itu sudah sangat jelas penipuan.
  2. Bila pengirim SMS penipuan mencantumkan link web sebagai bukti bahwa hadiah itu memang benar-benar ada, perhatikan baik-baik alamat web tersebut. Pengumuman resmi dari operator biasanya berada di mana-mana. Misalnya ada pemberitaan di TV dan berada di web resmi operator.
  3. Bila mendapatkan SMS penipuan tersebut, khususnya penipuan yang mengatas namakan Telkomsel, silahkan memberikan pengaduan dengan format SMS sebagai berikut : Penipuan#Nomor Pengirim SMS Penipuan#Isi SMS Penipuan. Lalu dikirimkan ke 1166.
     Jadi, berhati-hatilah bila mendapatkan SMS seperti itu, jangan senang dulu. Hehehe.. Lebih baik bila mendapatkan SMS Penipuan seperti itu, langsung saja di laporkan ke pihak operator secara langsung. Bisa saja dengan SMS, menelepon pihak Call Center Resmi Operator, atau bisa langsung saja datang ke kantor operator dan memberikan bukti SMS Penipuan tersebut.
     Semoga kita tidak terjebak dengan SMS Penipuan seperti itu ya. Semoga juga si penipunya capek SMS yang menipu seperti itu dan di temukan oleh Polisi. Hehehee... Kalau bisa, di isi aja di kolom komentar dari artikel ini, jika kamu juga mendapatkan SMS Penipuan yang serupa, biar kita semua tahu nomor apa saja yang menipu seperti itu.

Referensi :


0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com