11/23/13

Tidak Mendapatkan Point Reward Indomaret Card

     Mungkin ada beberapa orang yang mengalami yang seperti aku alami, atau bahkan enggak ada. Apakah kamu punya kartu Indomaret? Apakah kamu memiliki poin? Dengan syarat berbelanja menggunakan Indomaret Card? Yang aku alami, aku selalu belanja di Indomaret menggunakan Kartu Indomaret, gak pernah mendapatkan poin. Padahal aku belanjanya diatas Rp 20.000. Karena yang aku tahu, setiap kelipatan Rp 20.000 mendapatkan satu poin Indomaret. Aku sudah memiliki Indomaret Card kalau enggak salah 2 bulan, dan selalu berbelanja di Indomaret. Pas banget ada brosurnya, kalau ada penukaran poin Indomaret sampai 15 November. Aku cek deh Indomaret Card ku, ternyata poinnya 0. Nah loh? Kok bisa?
     Akhirnya pada tanggal 21 November 2013, tepatnya hari Kamis. Aku pulang dari KFC Jimbaran berniat beli roti tawar dan baygon electric di Indomaret. Sekalian bertanya sama kasirnya. Aku pilih-pilih barang yang aku inginkan. Kurang lebih aku mengira-ngira jumlah belanjaanku diatas Rp 40.000, kebetulan di Indomaret kan ada TVnya, dan yang ditampilkan itu promo-promo yang ada di Indomaret. Disana ditayangkan ada periode pengumpulan poin dan untuk mendapatkan poinnya dengan kelipatan Rp 20.000 dan berbelanja menggunakan Indomaret Card. Saat itu aku berpikir, ini saat yang tepat untuk menanyakan hal yang aku bingungkan selama ini.
     Aku berbelanja di Indomaret Ngurah Rai 3 Badung (tertera di struk belanjaan). Disana, ada 2 kasir, Cowok dan Cewek. Yang cowok tinggi banget, yang cewek pendek banget. Kebetulan kasir cowok lagi ke belakang, sepertinya lagi rapi-rapi barang, dan kasir cewek lagi stay di kasir. Lalu aku menaruh keranjang belanja di meja kasir. Mulailah percakapanku dengan kasir cewek itu.



Kasir Cewek : "Apakah ada tambahan lagi?"
Aku : "Enggak ada".
Kasir Cewek : (Langsung kasir cewek ini ngambil kresek dan mencatat barang yang aku beli).
Aku : "Mbak, saya mau nanya. Sebenernya belanja pakai indomaret card ini dapet poin gak sih? Soalnya selama saya punya indomaret card, poinnya 0. Saya selalu belanja di indomaret".
Kasir Cewek : (Dengan wajah bingung, terdiam selama 3 detik, lalu kasir ini menjawab) "Emm.. Emang gak dapet poin mbak".
Aku : (Kaget aku. Ah? Masa sih? Ini barusan di TVnya Indomaret ada iklannya deh. Sedang berpikir mau menjawab apa, tiba-tiba si Kasir Cewek berbicara lagi).
Kasir Cewek : "Eh mbak, saya tanya dulu deh sama temen saya. Saya kurang paham sama poin indomaret. Tunggu ya mbak".
     Lalu aku tunggu deh kasir cowok itu dateng, sambil melihat si kasir cewek mencatat dan memasukkan barang yang aku beli ke dalam kresek. Dengan gerakan yang diperlambat, sambil menunggu kasir cowok itu tiba di meja kasir. Akhirnya tiba deh si Kasir Cowok itu disana. Percakapan baru muncul lagi.
Kasir Cewek : "Cepetan, Mbaknya belanja pakai kartu Indomaret".
Kasir Cowok : (Pencet sana pencet sini, akhirnya beres belanja menggunakan indomaret card. Di Struk yang aku dapet, aku berbelanja sebesar Rp 45.600,- dn mendapatkan 2 point undian. Langsung aja aku tanya sama kedua kasir itu).
Aku : "Mas, ini di struknya dibilang saya dapet 2 poin undian. Ini poin apa ya? Poin Indomaretnya atau poin undian lain? Soalnya selama saya punya kartu indomaret, poinnya gak pernah masuk ke kartunya".
Kasir Cowok : "Oh tunggu sebentar ya mbak. Saya juga kurang begitu paham. Saya telpon dulu atasan saya ya? Mohon Tunggu sebentar mbak". (Lalu menelpon lah si kasir cowok itu, berbicara dengan bahasa jawa dan aku enggak ngerti).
Aku : "oke". (Lalu aku menunggu, dan kasir cowok berbicara padaku tanpa mematikan telponnya).
Kasir Cowok : "Mbak, pinjem kartu indomaretnya".
Aku : (Aku kasi aja, kasir cowok pencet2 di komputer dan berkata di telpon, bahwa disaat dia memasukkan nomor indomaretku, gak ada data sama sekali yang muncul).
Kasir Cowok : "Mbak, maaf menunggu lama. Saya agak kurang paham mengenai kartu indomaret ini. Tapi kata teman saya, kartu mbak ini gak ada datanya mbak. Pas saya cari dengan nomor indomaretnya mbak, datanya kosong. Jadi data indomaret cardnya harus diperbarui. Cuma saya gak paham cara memperbarui nya. Jadi mbak bisa balik besok siang. Yang paham besok ada disini. (Dengan senyum lebar si Kasir ini ngomong).
Aku : "Loh kok bisa gak ada data saya? Waktu itu saya ditanyain nama, alamat, no telp loh."
Kasir Cowok : "Oh sudah ya? Mbak buatnya dimana?"
Aku : "Disini dah saya buatnya"
Kasir Cowok : "Oh. Maaf mbak. Sama petugas yang mana ya? Putih? Tinggi?"
Aku : "Enggak. Ciri-cirinya pakai kacamata, cowok, agak item, giginya agak maju. Waktu itu saya buatnya sama ibu saya".
Kasir Cowok : "Oh yang rambutnya agak jabrik gitu ya?"
Aku : "iya".
Kasir Cowok : "Oh petugasnya itu sudah berhenti kerja mbak"
Aku : "Oh yaudah deh. Jadi tinggal perbarui data kan?"
Kasir Cowok : "Iya mbak, maaf ya".
     Dari pengalaman seperti ini, kelihatan banget bagaimana kualitas petugas yang ada di Indomaret. Gak kali ini aja, bahkan aku pernah dapet petugas Indomaret yang cara berbicaranya kurang sopan. Kali ini, aku mendapatkan petugas yang sopan berbicara, tetapi gak mengetahui tentang promosi perusahaannya. Waduh, sungguh parah sampai salah ngasi informasi, dibilang memang enggak dapet poin, padahal di struknya terlihat jelas mendapatkan poin. hadeh..
     Beberapa kritikan yang ingin aku sampaikan kepada Indomaret, bahwa petugas yang berada di Indomaret terutama kasirnya adalah sebagai berikut :
  1. Harus mengerti promo apa saja yang sedang berlaku di Indomaret. Biar disaat ditanya sama pelanggan, enggak sembarang memberikan informasi. Kenapa demikian? Karena pelanggan Indomaret itu banyak loh, termasuk aku. Biar enggak pada lari pelanggannya. hehehe...
  2. Harus menguasai cara bertransaksi menggunakan mesin EDC, entah bank apapun. Karena tujuan dibuatnya kartu Indomaret kan biar transaksi cepat dan mudah.
  3. Harus mengetahui infomarsi Indomaret Card. Saat pembuatan Indomaret Card, pastikan data pelanggannya benar-benar terdaftar. Karena contohnya kayak aku, dataku tidak tercantum, sehingga poin indomaretnya enggak pernah masuk.
  4. Sikap kasir harus sopan santun.
     Terutama tentang pengetahuan kartu indomaret, kalau kasirnya enggak tahu caranya mendaftarkan dan transaksi lainnya menggunakan kartu indomaret, bisa saja lambat laun kartu indomaret enggak berlaku lagi. Jujur, dengan kejadian ini, sempet ada niat untuk berhenti menggunakan kartu indomaret. Juga di Indomaret ada yang bisa menggunakan Kartu Flazz BCA, jadi daripada ribet ngurusin Indomaret Card, mending pakai Kartu Flazz. Jadi jangan sampai seperti itu ya...
      Ada beberapa saran dari aku, biar enggak sampai pengalaman seperti aku juga dialami oleh yang membaca artikel ini :
  1. Kalau berniat membuat Indomaret Card, yang ditanya kalau enggak salah nama lengkap, no telp, dan alamat. Jika kasir sudah mengatakan Indomaret Card telah berhasil di daftarkan, pastikan sekali lagi, apakah benar nama kamu telah tercatat? Kalau bisa minta tolong sama petugasnya, buat lihatin di monitor biar pasti. Tepatnya biar enggak rugi, untuk buat kartu Indomaret Card biayanya Rp 25.000 dan pengisian saldo pertama kali minimal Rp 50.000,-
  2. Biasakan cek poin indomaret card secara berkala. Entah melalui web indomaret ataupun di kasir indomaret. Jika poin enggak masuk, biar bisa segera melaporkan kepada pihak Indomaret.
     Oke, segitu aja yang bisa aku ceritain. Ini artikel sama sekali enggak ada maksud menjelekkan pihak manapun. Tetapi memang begini pengalaman yang aku dapatkan. Semoga dengan berjalannya waktu, para petugas Indomaret bertambah baik, pengetahuan mengenai promosi yang ada di Indomaret juga diketahui oleh petugas Indomaret, dan pelayanan lainnya yang bertambah baik. Aku ini salah satu pelanggan setia Indomaret, walaupun sering ketemu dengan petugas yang aneh-aneh. hehehehe.. Jadi mohon banget sama Indomaret, petugasnya dilatih lagi yaaa.... Semoga para pembaca enggak mengalami seperti aku, antisipasi aja ya kawan :)

7 comments:

  1. Mbak, saya juga gitu nih.. Kartu saya gak ada poinnya sama sekali. Itu cara memperbarui datanya gimana mbak?

    ReplyDelete
  2. dateng aja ke indomaret terdekat..
    bilang aja, ini saya cek katanya enggak pernah dapet poin, tolong di cek, sepertinya perlu update data..
    nah, pengalamanku, pernah lo petugasnya bilang "maaf mbak saya enggak ngerti caranya", padahal di panduan sistem indomaretnya sudah ada cara update data konsumen..
    suruh aja dia cari di help :D

    ReplyDelete
  3. Anda benar, saya cek idm card saya di internet poinnya kosong terus, padahal tiap belanja, di struk ada tulisan "anda mendapatkan .... poin undian", kalo di cek ke indomaret pasti jawabnya, "bisa dicek disini, tapi prosesnya lama"... pernah aku tungguin sampe setengah jam, diselingi melayani pelanggan yg lain, tetap belum ada hasilnya... ahirnya aku nyerah sendii, "ya udahlah mana kartu saya"

    ReplyDelete
  4. iya nih..
    padahal dataq udah di update di Indomaret, tapi cek di internet juga dibilang kosong..
    saya heran sama pelayanan Indomaret, padahal banyak yg belanja disana, tetapi pelayanannya kurang memuaskan..

    ReplyDelete
  5. sama, sy juga pernah mengalaminya. karena ribet, sampai skrg msh g pernah dpt poin reward indomaret

    ReplyDelete
  6. aku jg gitu saii,, mlhan kartu yg ku punya bukan nama ku loh jd spiclesh deh ma indomaret kok bs begitu ya aneh nya

    ReplyDelete
  7. @all : aku juga udah gak pakai kartu indomaret lagi, huhuhuh

    ReplyDelete

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com