4/18/14

Mengubah Foto Menjadi Slide Puzzle

    Bagi yang baru belajar photoshop, ada baiknya dicoba ya yang ini. Disini membuat sebuah foto menjadi efek puzzle. Gimana caranya? Gampang kok, yanng dibutuhkan adalah Aplikasi Adobe Photoshop CS3 dan foto, hehehe. Yuk lihat langkahnya di bawah ini :
1. Pilih foto yang kamu suka, bebas apa aja boleh.
2. Buka aplikasi Adobe Photoshop CS3, lalu pilih gambar yang di inginkan tadi. Klik tahan, lalu seret ke aplikasi Photoshop.
3. Setelah gambar telah terbuka di Photoshop, ubah ukurannya menjadi 400 pixel x 400 pixel. Caranya dengan menekan tombol Ctrl+Alt+I atau pilih menu Image -> Image Size. Bila terdapat centang pada Constrain Proportion, mohon dihilangkan tanda centangnya ya, baru masukkan ukuran 400 px x 400 px, lalu klik OK.
4. Buat 6 guide untuk membuat efek puzzle tersebut. Pilih menu View -> New Guide. Buat 3 Guide Vertical dan 3 Guide Horizontal. Maka akan menghasilkan 6 garis dang menghasilkan 16 kotak persegi.


5. Lalu potonglah gambar menjadi 16 bagian dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool dengan hasil potongan akan menjadi layer baru. Caranya, klik Rectangular Marquee Tool pada bagian pertama di gambar membentuk persegi. Lalu tekan Ctrl+J. Ulangi langkah tersebut sampai 16 kali.

6. Setelah selesai, hapus layer yang memiliki gambar yang utuh tersebut.
7. Acaklah posisi 16 bagian tersebut sesuai keinginan.
8. Pilih salah satu layer secara acak, lalu klik icon Add a New Layer Style, lalu pilih Stroke. Setting seperti dibawah ini ya.

9. Lalu pilih Bevel and Emboss, lalu setting seperti dibawah ini :

10. Pada layer yang telah diberi style, di klik, lali klik kanan, pilih Copy Layer Style. Buat link pada semua layer dengan tanda rantai. Kemudian klik kanan, lalu klik Paste Layer Style.
11. Pilih View -> Clear Guides.
12. Jika langkah yang dilakukan benar, maka tampilannya akan seperti ini ya.

2 comments:

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com