6/17/13

Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

     Siapa yang gak pernah cegukan? Pastinya semua orang pasti pernah mengalami cegukan. Pagi tadi setelah sarapan, belum sempat minum air langsung cegukan. Waduh lama banget cegukannya. Akhirnya ibu menyuruhku untuk memakan 1 sendok gula agar menghilangkan cegukan itu. Dan hasilnya memang cegukan berhenti. Hehehhee...
     Kadang setelah makan tidak minum air, biasanya cegukannya lama banget. Kadang juga tiba-tiba langsung mengalami cegukan. Cegukan dapat dialami oleh siapa saja, baik pria-wanita, muda-tua. Tapi tahu gak sih penyebab cegukan? Jika cegukan terlalu lama dampaknya apa sih? Cara mengatasi cegukan itu bagaimana caranya? Cegukan yang berlangsung lama menandakan sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Karena tidak hanya menyangkut tenggorakan, tapi juga organ-organ lain. Termasuk didalamnya otot-otot diagfragma, katup di tenggorokan, dan susunan saraf pusat (otak). Serta saraf tepi.

     Makanan pedas, seperti cabai, lada, dan makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung selama lebih dari 1 menit. Sedangkan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot dan menyebabkan cegukan.
     Penyebab cegukan biasanya adalah :
  1. Makan terlalu banyak.
  2. Makan terlalu terburu-buru.
  3. Menelan terlalu banyak udara.
  4. Merokok.
  5. Perubahan suhu mendadak di perut, seperti meminum minuman panas dan kemudian makan sesuatu yang dingin.
  6. Stress atau emosi yang tinggi.
     Cara mengatasi terjadinya cegukan adalah :
  1. Minum air putih secara perlahan untuk menyembuhkannya, dari zaman dulu air putih sangat berguna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
  2. Tarik nafas panjang melalui hidung dan buang sedikit-sedikit, usahakan tidak sampai cegukan, jika masih cegukan ulangi lagi.
  3. Lakukan sesuatu untuk melupakan cegukan. Cara ini sangat ampuh untuk menghilangkan cegukan.
  4. Lari
  5. Beri minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali.
     Segitu saja yang bisa aku kasi. Semoga bisa bermanfaat bagi yang memerlukan. Segitu dulu ya yang bisa aku kasi infonya. Semoga bisa bermanfaat ya bagi kita semua. Sekedar mengingatkan, setelah membaca artikel ini, minta tolong ya.. Di share ke FB atau twitter. Terus diisi ya voting yang ada di pojok kanan atas dari halaman ini. Diisi juga kolom reaksi setelah membaca artikel ini, apakah bagus, penting, bermanfaat, atau yang lainnya. Bagi yang mau copy kata-kataku, jangan sampai lupa menyertai link dari halaman ini. Kalau ada yang bingung, silahkan tuliskan pertanyaan di form komentar. Makasi :)

Sumber :


0 comments:

Post a Comment

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Welcome !!!

Selamat datang di blogku. Semoga informasi yang aku buat bermanfaat ya bagi kalian. Jangan lupa, setelah membaca di share ya, dan ikuti polling dibawah ini. Jangan lupa mengunjungi blogku yang lain di http://nialovepets.blogspot.com/ Makasi :)

Total Pageviews

Copyright © Niia Blog | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com